4 Fitur Anyar WhatsApp, Ada Kode QR sampai Pelindung Foto

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meskipun banyak perusahaan berkecimpung dalam aplikasi perpesanan instan, WhatsApp tetap menjadi salah satu  yang populer di platform Android dan Apple.

Sebagai pimpinan Mark Zuckerberg mencoba mempertahankan posisi teratasnya dengan rutin menghadirkan update untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

WhatsApp juga menguji fitur-fitur terbaru dalam versi beta sebelum meluncurkan resmi kepada semua penggunanya. Melansir dari Financial Express, Senin, 1 Juli 2019, saat ini, WhatsApp juga dikabarkan sedang menguji sejumlah fitur yang sepertinya akan dirilis dalam waktu dekat. Apa saja?

Unggahan di Status WhatsApp bisa dibagikan di Facebook
Pekan lalu, WhatsApp dikabarkan membuat update yang memungkinkan penggunanya membagikan Status WhatsApp langsung ke Facebook Stories. 

Fitur ini sedang diuji hanya pada platform Android. Langkah tersebut sekaligus memvalidasi sejumlah laporan bahwa Mark Zucerberg ingin mengintegrasikan semua aplikasi media sosial miliknya, yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Pengunci foto profil
Anda sadari atau tidak, selama ini, foto profil yang dipasang di WhatsApp dapat diunduh oleh orang lain. Namun perusahaan WhatsApp akan mencegah hal itu terjadi.

Fitur baru disebutkan akan melindungi foto profil pengguna agar tak disimpan oleh pengguna lain, baik dalam bentuk unduhan maupun tangkapan layar (screenshot).

Kode QR
Fitur kode QR memungkinkan pengguna WhatsApp menambahkan kontak ke ponsel mereka dengan memindai kode QR WhatsApp pengguna lain. Segera setelah fitur ini dirilis, masing-masing pengguna akan mendapatkan kode QR unik yang dapat dipindai dan ditambahkan pengguna WhatsApp lainnya ke daftar kontak mereka. Bisa jadi ini mirip dengan yang ada di aplikasi WeChat. 

Mode malam
Yang satu ini sudah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu. Fitur ini sepertinya akan dinamai Night Mode, yang akan membantu smartphone dengan panel OLED untuk menghemat masa pakai baterai dan meringankan mata pengguna dalam kondisi cahaya redup.

Layout album lebih bersih
Versi Apple WhatsApp akan segera mendapatkan tata letak album yang lebih rapi. Belum ada klarifikasi akan seperti apa konsepnya, namun sepertinya foto-foto yang disimpan pengguna akan dipisahkan dalam kategori dan dibuat thumbnail-nya.