Survei E-commerce, Siapa yang Paling Lekat di Hati Millennial?

Traveloka Kerjasama Dengan Mandiri & Standard Chartered
Sumber :

VIVA – Perusahaan riset Alvara Research Center melakukan sebuah survei bertemakan Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial Indonesia Terhadap Aplikasi E-commerce 2019. Platform belanja berbasis aplikasi yang berbasis di Singapura, Lazada menjadi merek dengan brand awareness terkuat di kalangan milenial.

CEO and Founder Alvara Research Center, Hassanudin Ali mengatakan, survei ini memiliki lima kategori, di antaranya aplikasi transportasi, aplikasi pesan antar makanan, aplikasi belanja, aplikasi pemesanan hotel dan tiket serta aplikasi dompet digital.

"Perusahaan layanan digital berbasis aplikasi asal Indonesia menjadi pemimpin di berbagai kategori layanan ekonomi digital terbesar di Indonesia, kecuali pada kategori shopping apps. Gojek sendiri unggul pada layanan transportasi, pesan antar makanan dan dompet digital," katanya di Four Point, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2019.

Nilai awareness yang didapatkan Lazada mencapai 94,6 persen. Diikuti oleh Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Olx, Blibli.com, Elevenia dan Zalora. Milenial banyak yang memilih Lazada karena mereka memiliki layanan COD atau cash on delivery (bayar di tempat), sementara Shopee dikenal dengan jargon gratis ongkos kirim.

Meski berada di posisi pertama, namun responden banyak yang merekomendasikan aplikasi Shopee dan kedua ialah Tokopedia. Selain merek, survei juga menghasilkan apa yang dibelanjakan responden di jaringan online. Banyak dari mereka yang membeli produk fesyen, elektronik dan smartphone.

Kemudian pada kategori pemesanan hotel dan tiket, Traveloka yang merupakan aplikasi lokal mendapat 100 persen brand awareness, diikuti oleh Tiket, Blibli.com, KAI Access dan Pegipegi. Traveloka banyak dipilih karena promo, sedangkan Tiket karena mudah digunakan dan Blibli.com karena adanya tiket online.

Milenial banyak yang memanfaatkan promo membeli tiket di Traveloka, sedangkan pada momen libur hari raya, lebih unggul Tiket dan KAI Access. Traveloka juga unggul pada kategori aplikasi yang direkomendasikan, dibandingkan dengan Tiket.

"Lazada adalah satu-satunya perusahaan dari luar Indonesia yang berhasil menjadi pemimpin di kategori shopping application. Sedangkan Shopee mempunyai Net Promotor Score tertinggi. Traveloka dan Tiket merupakan ticketing dan hotel booking app yang paling dikenal, tapi dari sisi performa brand, Traveloka lebih unggul," ujarnya.

Survei ini melibatkan responden berjumlah 1.204 dengan area riset Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta dan Manado. Periode survei dimulai dari 3-20 April 2019. Sedangkan umur responden dimulai dari 19 hingga 39 tahun.