Belum Resmi Meluncur, Hongmeng Diprediksi Sanggup 'Gebuk' Android

Diduga Rilis 9 Agustus, Analis: Hongmeng Punya Potensi Rusak Dominasi Android. (FOTO: Reuters/Aly Song).
Sumber :
  • wartaekonomi

Analis dari lembaga StrategyAnalytics menilai, upaya Huawei untuk meluncurkan sistem operasi (OS) Hongmeng akan merusak dominasi mutlak Android di pangsa pasar ponsel pintar atau smartphone, khususnya di China.

Mereka bahkan memprediksi Hongmeng akan ‘menghajar’ Android, seperti yang dilaporkan oleh GizmoChina (10/7/2019). Hal itu meningkatkan ketegangan dan antisipasi terhadap hal yang akan terjadi ke depannya.

Sebelumnya, penciptaan sistem operasi alternatif Android dianggap sebagai hal yang tidak berguna. Mematahkan hal itu, langkah yang Huawei ambil mengindikasikan salah satu perkembangan menarik di pasar seluler.

Namun, belum jelas berapa besar peluang Hongmeng untuk mengurangi profitabilitas Android mengingat Hongmeng saja belum dirilis secara resmi.

Kabarnya, Hongmeng akan meluncur pada 9 Agustus 2019 di kongres besar pengembang (developer) yang akan dihelat Huawei, menurut media lokal Ifeng.com.

Laporan itu merupakan kelanjutan dari pernyataan Head of Consumer Business Huawei, Richard Yu, kepada CNBC tentang peluncuran Hongmeng pada musim gugur di China tahun ini.

Konferensi Pengembang Global Huawei merupakan acara yang penting bagu raksasa teknologi itu, apalagi tahun ini. 1.500 mitra dan 5.000 pengembang global diperkirakan bakal hadir.