Jenis-jenis Makanan Pendongkrak Gairah, Benar Enggak Sih?

Wartawan BBC, Mehulika Sitepu menjelaskan tentang penghematan bahan bakar yang bisa dilakukan dengan teknologi HHO. - BBC
Sumber :
  • bbc

Jika ada bukti bahwa makanan tertentu bisa meningkatkan libido, potensi seks dan kenikmatan seksual, makan makanan itu pasti laku keras.

Bahan makanan yang memicu hormon endorfin mengandung nurtisi yang berhubungan dengan dorongan seks. Terkadang makanan ini dikaitkan dengan kemakmuran dan kesuksesan.

Mari lihat sejarah dan sains di belakang teori-teori ini dan lihat apakah makanan-makanan ini sungguh-sungguh memperbaiki kehidupan seks Anda.

Tiram


Tiram mungkinkah terhubung dengan peningkatan hasrat seks? - Getty Images

Casanova, yang dianggap seorang pecinta terhebat sepanjang sejarah, disebut-sebut makan 50 tiram sebagai sarapan.

Namun tak ada bukti tiram meningkatkan dorongan hasrat seks. Dari mana asal-usul cerita ini?

Menurut legenda, Aphrodite, dewa seks Yunani, terlahir dalam buih dan muncul di lautan. Maka makanan laut dianggap sebagai afrodisiak.

Namun pecinta tiram tetap bisa dapat kabar baik. Hewan ini mengandung seng, nurtisi penting untuk meningkatkan testosteron.

Seng dianggap membantu kesuburan perempuan dan kualitas sperma.

Sumber seng yang lain: kerang, daging merah, biji-bijian (seperti biji labu dan wijen), kacang-kacangan (seperti kacang mede dan almond), polong-polongan, susu dan keju.

Coklat hitam (dark chocolate)


Dark chocolate punya sensasi serupa dengan jatuh cinta, kata para ilmuwan. - Getty Images

Makan coklat hitam baik karena menurut para peneliti makanan ini mengandung `ramuan cinta` phenylethylamine (PEA).

PEA - yang mengaliri tubuh pada bulan-bulan pertama sebuah hubungan - memicu pelepasan hormon dopamine dan merangsang pusat kesenangan pada otak.

Hanya sejumlah kecil PEA yang ada di coklat, serta diragukan apakah PEA akan tetap bertahan ketika dimakan.

Cocoa juga mengandung asam amino tryptophan, dan disesebut-sebut meningkatkan aliran darah dan tigkat serotonin (hormon lain yang juga memicu kesenangan).

Bagaimana coklat bisa dihubung-hubungkan dengan seks? Kemungkinan pada abad keenam belas.

Hernan Cortest merupakan perwira Spanyol di abad ke-16 yang memimpin ekspedisi ke kekaisaran Maya dan Aztec dan menjajah daerah yang kini menjadi Meksiko.

Ia juga diduga menjadi orang Eropa pertama yang bertemu dengan coklat. Ia menulis kepada Raja Spanyol bahwa ia melihat orang Maya minum ramuan cocoa yang "membangun ketahanan tubuh dan menghilangkan kelelahan".

Namun tidak ada bukti bahwa coklat merupakan afrodisiak. Sumber tryptophan lain: salmon, telur, daging ayam, bayam, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk kedelai.

Cabai


Cabai mempercepat metabolisme dan detak jantung. - Getty Images

Cabai pedas mengandung capsaicin, yang bisa merangsang munculnya endorfin (hormon lain yang menyebabkan perasaan riang).

Zat ini juga mempercepat metabolisme dan meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung, yang juga kita alami ketika berhubungan seks.

Namun ingat untuk mencuci tangan sesudah memegang cabai, terutama ketika Anda akan berhubungan seks sesudahnya.

Bagaimana dengan alkohol?


Alkohol mengurangi rasa malu Anda, tapi jangan berlebihan - Getty Images

Alkohol bisa meningkatkan hasrat dengan cara menurunkan hambatan dalam melakukan hubungan seks.

Seperti kata Macbeth: mabuk itu "membangkitkan hasrat tetapi menurunkan performa".

Sensitifitas pada laki-laki dan perempuan juga berkurang ketika minum terlalu banyak dan dalam jangka panjang bisa mengurangi hasrat seks. Bahkan dalam kasus ekstrem bisa menyebabkan impotensi.

Bisakah mengurangi risiko disfungsi ereksi?


Tuck into that fruit bowl to be powered by plants - Getty Images

Menurut riset, makanan yang mengandung banyak flavonoids - senyawa yang didapat dari tumbuhan - dianggap bisa megurangi risiko disfungsi ereksi.

Satu flavonoid khusus yaitu anthocyanin (yang ditemukan pada blueberries), dan satu lagi yang ditemukan pada buat sitrus, berpotensi mengurangi disfungsi ereksi.

Lebih banyak makan buat dihubungkan dengan 14% pengurangan disfungsi ereksi dan kombinasi makanan yang mengandung flavonoid dan olahraga bisa mengurangi hingga 21%.

Beberapa riset menyatakan pola makan gaya Mediterranea efektif untuk mengurangi disfungsi ereksi dan memelihara fungsi seksual.

Pola makan ini mengandalkan pada biji-bijian, buah, sayur-sayuran, polong-polongan, kacang (almond dan kenari) serta minyak zaitun.

Sumber lain anthocyanin termasuk buah ceri, blackberries, blackcurrants, cranberries, raspberries, beberap jenis anggur, terong dan kubis merah.

Sepintas afrodisiak


Aphrodite yang dikenal sejak jaman Romawi muncul dari laut sehingga makanan laut dianggap sebagai afrodisiak. - Getty Images

Afrodisiak bisa dibagi ke tiga kategori: bekerja pada libido, potency, dan kenikmatan seksual.

Tak ada yang benar-benar terbukti secara ilmiah pada manusia, karena sulitnya mengukur sukses.

Kenyataannya, Afrodisiak yang sungguh-sungguh bekerja adalah aroma buah busuk dan buah matang - efektif pada lalat buah.

Dr. Krychman, dokter spesialis kesehatan seksual mengatakan bahwa orang makan afrodisiak karena mereka percaya. Dan jika memang sugesti itu berhasil, maka itulah yang tepenting.

Kondisi umum

Jika Anda mengalami penurunan dorongan seks, mungkin Anda mengalami masalah medis. Maka berkonsultasilah dengan dokter Anda.