Jadi Andalan di Masa Depan, Atlet eSports Indonesia Akan Didata

Potensi Esport Indonesia Besar, Asosiasi Ini Mau Data Atlet Profesionalnya. (FOTO: Tanayastri Dini Isna).
Sumber :
  • wartaekonomi

Geliat olahraga elektronik atau eSports di Indonesia kian terlihat. Dalam laporan Global Games Market Report, Indonesia berada di peringkat 17 sebagai negara dengan pendapatan tertinggi dari gim daring, mencapai US$941 juta (sekitar Rp13 triliun) per Januari 2019.

Namun, masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam industri eSports seperti standardisasi, benchmarking, hingga regulasi.

Untuk itu, diperlukan ekosistem yang bisa mendukung potensi industri eSports tersebut. Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) mengklaim ingin membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"Harus ada suatu asosiasi untuk menjembatani masalah-masalah di industri ini," kata Ketua Umum AVGI, Rob Clinton, saat ditemui di pelantikan pengurus pusat AVGI di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dalam jangka panjang, asosiasi itu berencana untuk menyusun basis data pemain eSports profesional guna memproteksi mereka.

Sementara dalam jangka pendek, AVGI mengaku akan mendukung persiapan atlet eSports untuk tampil di SEA Games di Filipina pada November mendatang. “Kami akan dukung 100 persen para atlet yang maju ke SEA Games,” ujar Rob.

Lebih lanjut, kepengurusan AVGI di 19 provinsi juga akan diisi oleh para stakeholder di industri olahraga elektronik, dari pemain, pemilik klub, hingga pengembang gim lokal.

"AVGl terbuka untuk umum, khususnya bagi para pelaku dan penggiat olahraga elektronik yang berkomitmen untuk turut mengembangkan industri ini di Tanah Air," ujar Sekretaris Jenderal AVGI, Angki Trijaka.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, industri eSports merupakan salah satu sektor yang akan jadi masa depan Indonesia.

Berdasarkan laporan yang dirilis Newzoo, pada tahun ini, nilai pasar game global akan mencapai angka US$152 miliar (sekitar Rp2,15 kuadriliun), meningkat 9,6 persen dibanding tahun sebelumnya.