SDM Indonesia Dilatih Kemampuan Cloud Computing

AWS dan Kemenaker.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan sebuah keharusan di tengah kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0.

Melatih SDM Indonesia yang terampil sesuai kebutuhan zaman harus menjadi prioritas semua pihak, khusus pemerintah.

Layanan komputasi awan Amazon Web Service (AWS) bersama Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang komputasi awan (cloud computing).

Dalam kerja sama tersebut, keduanya menargetkan dapat melatih 100 ribu SDM Indonesia dalam berbagai keahlian layanan cloud computing hingga 2025.

Country Leader Amazon Web Service, Gunawan Susanto, mengaku banyak inisiatif dalam membantu mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya layanan cloud computing

"Komitmen ini dilaksanakan sampai tahun 2025 dengan target melatih 100 instruktur IT," kata dia di Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019.

Dengan membantu Indonesia menciptakan talenta yang cakap secara digital, Gunawan berharap bisa mempercepat ambisi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2030.

Ia menambahkan, AWS memiliki komitmen yang kuat untuk berinvestasi di Indonesia. Selain berkomitmen untuk membangun AWS data center di Indonesia pada 2021 nanti, AWS juga berkomitmen untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui keahlian dan teknologi yang dimiliki.

"Tujuannya, supaya talenta Indonesia memperoleh keterampilan dan sertifikasi baru di berbagai bidang seperti dasar-dasar AWS Cloud, big data, security, machine learning (ML), dan banyak lagi," paparnya.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menjelaskan pembangunan SDM memang menjadi prioritas pemerintah mulai tahun ini.

"Prioritas pemerintah diarahkan kepada pembangunan SDM agar semakin kompeten, kreatif, inovatif, produktif, dan kompetitif. Untuk itu kami sangat terbuka dan membuka diri serta memberikan insentif bagi dunia usaha untuk bisa bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya mengakselerasi pengembangan SDM itu,” tutur dia.

Menurut Hanif pembangunan SDM di tengah kemajuan teknologi digital saat ini sudah menjadi perhatian utama pemerintah.