Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 18 Juli 2019 | 10:24 WIB

Hacker Serang WhatsApp-Telegram, Awas Tertipu Pesan Palsu

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi Whatsapp dan Telegram.

VIVA – Layanan pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram yang memiliki enkripsi end-to-end tetap berpotensi disusupi malware. Studi yang dilakukan Symantec mengungkapkan, karena masalah itu, peretas dapat mengubah gambar dan file audio yang dikirim pengguna.

Seperti dikutip dari CNet, Kamis, 18 Juli 2019, malware ini bikin pengguna menerima informasi yang salah. Misalnya, malware dapat mengubah foto peta asli sehingga pihak penerima pesan menerima file yang keliru. Ada juga kemungkinan perubahan angka dalam foto faktur, menipu pengguna agar memberikan uang kepada orang yang tak seharusnya.

Baca Juga

Symantec mengatakan, kerentanan yang saat ini ada tidak memungkinkan hacker untuk mengambil alih akun, namun berpotensi untuk melakukan penipuan.

Ketika file disimpan di eksternal, aplikasi lain dapat mengakses dan memanipulasi. Di WhatsApp, file disimpan secara eksternal, sementara di Telegram disimpan di galeri ponsel.

Terpopuler

Peneliti menguji malware yang dibuatnya untuk memanipulasi gambar dan audio yang dikirim melalui dua aplikasi itu. Dalam video yang mereka bagikan, terlihat ada pengguna mengirim foto dua temannya. Malware di perangkat otomatis bekerja, dan mengganti wajah di foto tersebut dengan aktor Nicolas Cage.

"WhatsApp telah mengamati masalah ini dengan seksama, tentang masalah penyimpanan perangkat seluler yang dapat memengaruhi ekosistem aplikasi. Kami akan melakukan cara yang terbaik. Perusahaan akan menyediakan pembaruan yang sesuai dengan perkembangan Android saat ini," kata WhatsApp dalam sebuah keterangan.

Telegram sendiri belum menanggapi masalah ini. Sebagai langkah perlindungan, pengguna WhatsApp perlu masuk dalam menu pengaturan, kemudian matikan visibilitas media. Sedangkan untuk Telegram, matikan penyimpanan ke galeri. (ann)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Siap-siap, WhatsApp Ancam Pidanakan Pengguna
DIGITAL - 5 bulan lalu