Gila! Elon Musk Mau Tanam Chip di Otak Manusia

CEO SpaceX, Elon Musk mengisap ganja.
Sumber :
  • www.bgr.com

VIVA – Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, ingin mewujudkan niat gilanya dengan menanam chip di otak manusia. Hal ini akan dilakukannya pada awal tahun depan lewat perusahaan rintisan atau startup neuroteknologi miliknya, Neuralink.

Musk mengatakan perusahaannya sudah beriinvestasi sebesar US$100 juta (sekitar Rp1,4 triliun) untuk memulai proyek ambisius ini sejak 2016 dengan merekrut beberapa ahli saraf terbaik di dunia.

Menurutnya, chip kecil yang juga disebut antarmuka mesin otak (brain-machine interface), akan ditanamkan pada subyek yang telah disetujui. Hal ini akan menjadikan manusia sebagai 'simbiosis dengan kecerdasan buatan' untuk kali pertamanya.

"Ukuran chipnya 4mm x 4mm. Chip ini akan dibuat untuk merangsang neuron atau sel-sel saraf di otak melalui benang elektroda tipis," kata Musk, seperti dikutip dari situs Mashable, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia melanjutkan, setiap elektroda akan dimasukkan oleh robot presisi. Musk juga meyakinkan bahwa ketika chip dimasukkan ke otak kita akan benar-benar aman dan tidak membuat sakit.

"Ini tidak seperti operasi besar, tapi setara dengan lasik," ungkapnya, seraya menambahkan kalau dirinya memahami bahwa akan membutuhkan waktu bagi sistem ini untuk disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Lantas, apa fungsinya chip ini jika dimasukkan ke dalam otak? Menurut Musk, akan digunakan untuk mengobati orang yang menderita gangguan otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Perangkat ini juga dapat 'melestarikan dan meningkatkan' fungsi otak manusia. (ase)