Kata Pakar IT, Di Sini Letak Bahaya FaceApp

Tampilan halaman unduh FaceApp di App Store
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Baru-baru ini kita mengetahui terdapat fenomena aplikasi pengubah wajah yang dikenal sebagai ”FaceApp”. Namun di balik ketenaran aplikasi ini, masyarakat juga mempertanyakan bagaimana keamanan data para penggunanya. 

Untuk itu Kaspersky memberikan langkah-langkah proaktif dan rekomendasi bagi para pengguna agar terhindar dari risiko keamanan yang berbahaya. Simak pernyataan lengkapnya dari Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Kaspersky SEA, dalam keterangan pers Jumat, 19 Juli 2019. 

Kembali aplikasi viral lainnya mengambil perhatian saluran media sosial dan fenomena seperti ini cukup berulang terjadi. Di usia ini di mana para pengguna terjun ke fenomena bandwagon karena sedang berada di momentumnya. FOMO atau Fear of Missing Out dapat menghapus kebiasaan keamanan dasar - seperti waspada dalam memberikan izin aplikasi. 

Penelitian kami sebelumnya bahkan menemukan bahwa mayoritas (63 persen) konsumen tidak membaca perjanjian lisensi dan 43 persen hanya mencentang semua izin privasi ketika mereka menginstal aplikasi baru. Sementara survei ini dilakukan tiga tahun lalu, kami yakin temuan tentang kebiasaan digital ini masih relevan dan tepat.
 
Pada dasarnya, tidak ada salahnya bergabung mengikuti fenomena online challenge atau sejenisnya atau memasang aplikasi baru. Bahayanya terletak ketika pengguna hanya memberikan aplikasi ini izin tanpa batas ke dalam kontak, foto, pesan pribadi, dan lainnya.

Melakukan hal itu memungkinkan pembuat aplikasi memungkinkan, dan bahkan legal, untuk mengakses hal yang seharusnya tetap menjadi data rahasia Anda. Ketika data sensitif ini diretas atau disalahgunakan, aplikasi viral dapat mengubah sumber menjadi celah yang bisa dieksploitasi oleh peretas untuk menyebarkan virus berbahaya.
 
Ini adalah situasi yang selalu ingin kami hindari di Kaspersky. Kami menyarankan para pengguna online harus selalu berpikir secara aktif dan lebih berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan di internet dan dengan perangkat mereka. Beberapa langkah dasar yang dapat kami tawarkan meliputi:

- Hanya unduh aplikasi dari sumber tepercaya. Baca ulasan dan peringkat aplikasi juga
- Pilih aplikasi yang ingin di-install pada perangkat Anda dengan bijak
- Baca perjanjian lisensi dengan cermat
- Perhatikan daftar izin yang diminta aplikasi Anda
- Hindari mengklik "next” selama instalasi aplikasi
- Untuk lapisan keamanan tambahan, pastikan untuk menginstal solusi keamanan di perangkat Anda."