TikTok Tambah Sejumlah Fitur Sontek Instagram

Ilustrasi aplikasi di smartphone.
Sumber :
  • Pixabay/MariusMB

VIVA – TikTok sedang mengerjakan sejumlah fitur yang nampaknya terinspirasi dari Instagram. Beberapa di antaranya, adalah layout model grid dan Discover.

Juru bicara TikTok menolak berkomentar tentang detail rencana perusahaan. Namun, mereka mengonfirmasi fitur-fitur itu sedang dikerjakan.

"Kami selalu bereksperimen dengan cara baru, untuk meningkatkan pengalaman aplikasi untuk komunitas kami," katanya, seperti dilansir dari laman Tech Crunch, Sabtu 20 Juli 2019.

Perubahan terbesar yang dilakukan TikTok adalah laman For You, yang dibuat secara algoritma oleh TikTok. Saat ini, pengguna harus membalik setiap video di sana satu per satu dengan format feed-style vertikal.

Pembaruan mengubahnya menjadi tata letak gaya grid. Desain juga membuat pengguna bisa mengetuk video yang ingin mereka tonton, dengan mudah melewatkan yang tidak ingin ditonton.

Selain itu, fitur Discover ditambahkan pada navigasi utama TikTok. Tombol baru muncul menggantikan tab Search, yang bisa membuat pengguna mengetikkan keywords dan mengembalikkan hasil yang dapat difilter pengguna.

Tombol Discover membuat pengguna bisa menemukan orang baru untuk diikuti di Tiktok, bukan hanya video maupun suara. Selain itu, adapula fitur Suggested User untuk highlight talenta terkenal dan Suggested berfungsi melihat creator teratas pada platform.

Namun, berbeda dengan Instagram yang menghilangkan jumlah likes, TikTok menguji coba dua fitur yang berfokus pada metrik popularitas. Pertama, tentang perhitungan Like pada setiap video di laman Sound dan Hashtags dan lainnya jumlah Download untuk video sebagai tambahan Likes dan Shares.

Integrasi dengan platform media sosial lain, juga dilakukan TikTok. Sejumlah fitur meningkatkan hubungan dengan aplikasi lainnya, termasuk salah satunya integrasi lebih baik dengan WhatsApp dan menambahkan link akun mereka di Google dan Facebook. (asp)