Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 23 Juli 2019 | 18:29 WIB

Messenger Kids Bermasalah, Anak Bisa Ngobrol sama Orang Asing

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Novina Putri Bestari
Foto :
  • U-Report
Facebook Messenger.

VIVA – Facebook mengalami kesalahan teknis yang memungkinkan ribuan anak-anak pengguna Messenger Kids ikut dalam group chat dengan orang asing yang tidak disetujui oleh orang tua mereka. 

Messenger App yang digunakan anak-anak usia 6 hingga 12 tahun bisa mengirimkan pesan dan video chat dengan anggota keluarga dan teman yang disetujui orang tua.

Baca Juga

Sebagai contoh, jika anak bergabung dengan group chat yang diundang seorang teman yang disetujui orang tuanya, di situ bisa ada anggota yang juga tidak mendapatkan persetujuan. Facebook mengatakan bahwa anggota itu telah disetujui oleh orang tua teman tersebut. 

"Kami baru saja memberitahukan sejumlah orang tua pengguna akun Messenger Kids mengenai kesalah teknis yang dideteksi memengaruhi beberapa group chat," kata juru bicara Facebook, dilansir laman Cnet, Selasa, 23 Juli 2019.

Terpopuler

Dia mengatakan bahwa telah mematikan group chat tersebut. Selain itu, Facebook juga memberikan orang tua sumber daya tambahan mengenai Messenger Kids serta keamanan online.

Juru bicara Facebook mengatakan pihaknya sedang mencari bagaimana kesalahan terjadi dan memperbaiki masalah tersebut. 

Namun dia enggan menjawab pertanyaan bagaimana Facebook bisa mengetahui mengenai kesalahan itu. 

Aplikasi Messenger Kids sendiri telah mendapatkan kontroversi sejak diluncurkan Desember 2017 lalu. Sejumlah kelompok advokasi anak-anak terus mendesak Facebook menutup aplikasi karena dirasa melanggar hukum yang bertujuan melindungi privasi online pada anak. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Facebook Bersedia Bayar Denda Rp 70 Triliun
TVONE NEWS - 3 bulan lalu