Liga Mobile Legends Indonesia Digelar Lagi, Satu Tim Bayar Rp14 Miliar

Konferensi pers Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kompetisi gim populer Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia bakal digelar kembali lagi. Tahun ini kompetisi gim yang dikembangkan Shanghai Moonton Technology itu memasuki season 4. Delapan tim siap bertanding yaitu pemenang season tiga Onic Esport bersama dengan Alter Ego, Aura, Bigetron Esport, Evos, Geek Fam, Genflix, Aerowolf dan Rex Regum Qeon. 

Delapan tim ini akan bertanding selama delapan pekan dalam pertandingan reguler. Match tersebut akan digelar pada 23 Agustus hingga 13 Oktober 2019 di XO Hall Tanjung Duren, Jakarta. 

Menurut perwakilan Moonton Indonesia, Hanny Meiriza, ada yang berbeda dari penyelenggaraan perlombaan ini dari season sebelumnya. 

"MPL Indonesia season 4 kali ini berbeda dengan season sebelum ya. Karena kami mengadopsi model franchise league. Di mana ini menjadikan MPL Indonesia season 4 sebagai pertandingan e-sport pertama yang mengadopsi sistem ini," kata Hanny di Jakarta, Selasa 23 Juli 2019. 

Jadi setiap tim membayarkan US$1 juta atau Rp14 miliar untuk slot permanen di liga. Pembayaran dibayarkan satu kali.  

Tim yang ikut akan mendapatkan keuntungan sendiri seperti sistem permainan yang adil karena akan mempunyai standar upah maksimal. Lalu juga akan ada bagi hasil dengan tim peserta mendapatkan lebih dari 50 persen pendapatan liga. 

Selain itu, benefit yang didapatkan adalah keamanan finansial bagi pemain profesional dengan adanya kontrak untuk mereka. Terakhir akan ada peluang komersial untuk menciptakan aliran pendapatan dan pemasaran bagi merek, tim dan pemain. Untuk MPL ID season berikutnya kedelapan tim ini juga akan diikutsertakan. 

"Jadi enggak cuma delapan tim ini tapi session-session selanjutnya ada tambahan tim lagi. Tim permanen ini tidak ada yang degradasi," kata Marketing Director MPL-ID, Dylan Chia dalam kesempatan yang sama. 

Mobile Legends: Bang Bang Professional - Indonesia Grand Final akan diselenggarakan pada 26-27 Oktober 2019 di Jakarta.