Pelanggan 5G Tembus 1,1 MIliar pada 2023

Ilustrasi teknologi 5G.
Sumber :
  • Microwaves & RF

VIVA – Terbayang enggak bagaimana cepatnya adopsi teknologi 5G nanti. Laporan lembaga IHS Markit memprediksi pelanggan 5G diperkirakan mencapai 1,1 miliar pada 2023. Tapi angka tersebut bukan jumlah pengguna 5G seluruh dunia, lho. Prediksi angka tersebut untuk pengguna di wilayah Asia Pasifik dan Amerika Utara saja. 

Menariknya, prediksi angka tersebut jauh lebih besar dari pengguna 4G. Angka 1,1 miliar pelanggan itu sama dengan pencapaian tiga kali lipat jumlah pelanggan 4G selama lima tahun. 

Prediksi IHS Markit menunjukkan, Amerika Utara akan memiliki pelanggan 5G sebanyak 294 juta. Sedangkan Asia-Pasifik akan mendominasi dengan 785 juta pelanggan. 

Menurut analis utama IHS Markit, Elias Aravantinos, penyerapan cepat 5G terjadi karena banyaknya ponsel 5G yang diluncurkan. 

"Selama tahun pertama 4G, hanya ada tiga smartphone yang tersedia," kata Aravantinos, dilansir Cnet, Kamis 25 Juli 2019. 

Menurutnya, ada sekitar 20 desain smartphone 5G yang tersedia untuk dirilis ke pasar tahun ini. Dia mengatakan sebagian besar ponsel 5G akan tersedia pada 2023. 

Seperti diketahui sejumlah vendor sudah meluncurkan ponsel 5G. Beberapa di antaranya adalah Samsung Galaxy S10 5G, LG V50 ThinQ, OnePlus 7 Pro, Oppo Reno 5G dan Motorolla Moto Z4. 

Beberapa operator di Amerika sampai saat ini juga sudah meluncurkan jaringan 5G seperti Verizon, AT&T, Sprint dan T-Mobile. Sedangkan Asia Pasifik, Australia dan Korea Selatan juga sudah memiliki jaringan telekomunikasi generasi terakhir ini.