Pengakuan Menkominfo Rudiantara: Belum Pernah Nonton YouTube Kimi Hime

YouTuber gim, Kimi Hime.
Sumber :
  • Instagram/@kimi.hime

VIVA – YouTuber game online, Kimberly Khoe atau Kimi Hime, sedang menjadi perbincangan karena kontennya yang dianggap vulgar. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahkan mengaku belum pernah melihat channel YouTube-nya.

"Saya belum pernah nonton. Malah saya dikasih tahu teman-teman wartawan. Ini lho isinya, ini lho gambarnya," kata dia di Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019. Nama Kimi Hime didengarnya saat rapat kerja dengan Komisi I DPR.

Meski banyak aduan, ia mengaku tidak bisa serta-merta memblokir karena pemerintah tidak bisa melakukan tindakan yang sifatnya otoriter. Kendati demikian, Rudiantara melakukan beberapa pendekatan, di mana tahap awalnya berupa pembinaan.

Ia juga mengaku sudah melakukan pemanggilan melalui pesan pribadi di platform YouTube Kimi Hime. "Kalau enggak bisa dihubungi, ya, kita lakukan tahap selanjutnya. Itu pun kita kasih tahu agar menyesuaikan kontennya. Tidak bisa main blokir," ungkapnya.

Tahapan pemblokiran diakuinya sama saat Kominfo melakukan pemblokiran terhadap aplikasi Tik Tok dan Telegram. Keduanya lagi dipanggil dan berdiskusi serta melakukan penyesuaian dengan norma-norma yang ada di Tanah Air.

Menurut pantauan VIVA, saluran YouTube Kimi Hime telah meraup lebih dari 2,2 juta subscribers. Sebagian besar kontennya berisi tentang gaming, tips, dan traveling. Konten terakhirnya berjudul 'Dear Bapak Presiden Joko Widodo' yang sudah ditonton sebanyak 758 ribu kali.