Era Industri 4.0, Polri Luncurkan Sistem Informasi Terpadu

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal
Sumber :
  • VIVA/Bayu Januar

VIVA – Biro Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Divisi Humas Mabes Polri meluncurkan Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu atau SPIT, untuk persiapan menghadapi era Industri 4.0 dan kemajuan teknologi. Dalam meluncurkan hal tersebut, Polri menggelar latihan pengelolaan informasi terpadu kepada seluruh anggota-anggota yang terlibat dalam hal ini.

"Hari pertama dan kedua Pelatihan Sistem Informasi Terpadu. Hari ketiga dan keempat, Pelatihan Peliputan dan Produksi Konten," kata Ketua Panitia, Komisaris Besar Polisi Tjahyono Saputro di Hotel GranDhika, Jakarta Selatan, Selasa 6 Agustus 2019.

Terobosan ini merujuk pada amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang membuktikan keseriusan pemerintah untuk membangun sistem pelayanan informasi publik yang berkualitas dan terpadu. 

Ditambah lagi sesuai fungsinya, PID bertanggung jawab menghimpun, menata, menyimpan, mengelola dan melayani informasi serta pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik, dalam hal ini Polri.

Tjahyono menuturkan, kegiatan ini memiliki tujuan. Di antaranya, pertama, anggota humas di tingkat Satker dan Mabes Polri terhubung dan menyatu dalam sistem. Informasi dan sistem tersebut bisa diakses kapan pun dan di mana pun dengan pengaturan akses.

Kedua, Humas di tingkat Satker menjadi ujung tombak dalam pengumpulan informasi. Ketiga, Biro PID menjadi content center yang mengolah semua informasi menjadi siap tayang dan siap digunakan di berbagai platform dan kepentingan presentasi.

"Keempat sebagai saran atau rekomendasi bagi biro lain dalam mengelola informasi, sehingga Biro Penmas, Biro Multi Media, Divisi Humas dan pimpinan Polri dapat menjadi user dari konten yang dihasilkan PID untuk digunakan sebagai pendukung strategi komunikasi Polri." [mus]