Google Janji Mau Buat Produk dari Limbah Daur Ulang

Google Chrome.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Raksasa teknologi Google memiliki komitmen berkelanjutan untuk perangkat kerasnya. Perusahaan memiliki tujuan untuk menghilangkan emisi karbon pada produk yang dikirim konsumen, seperti perangkat Pixel dan Google HomeMinis pada 2020.

"Tahun depan 100 persen pengiriman tidak akan mengandung karbon. Pada 2022, 100 persen produk kami merupakan hasil dari daur ulang," kata Head of Sustainability Consumer Hardware, Anna Meegan dikutip dari laman Economic Times, Minggu, 11 Agustus 2019.

Meegan juga menulis di blog bahwa Google akan membuat teknologi yang mengutamakan kesehatan manusia dan memperluas akses ke teknologi. Google dilaporkan menggunakan post-consumer recycled (PRC) dan berjanji meningkatkan penggunaan material serta logam daur ulang.

"Pada 2018 kami menerbitkan laporan produk kami, yang membantu semua orang memahami dengan tepat apa yang dibuat oleh kami, bagaimana dibuat dan bagaimana dikirimkan ke konsumen," tulisnya.

Mereka mengklaim bahwa emisi karbon yang dihasilkan menurun hingga 40 persen, dari 2017 hingga 2018. Mereka juga membangun 'Power Project' untuk Google Nest Learning Thermostat bagi keluarga yang kurang mampu. Kemudian pada 2023 Google akan membuat banyak produk dengan PRC.

Emisi karbon diketahui bisa menyebabkan perubahan iklim yang membuat cuaca jadi tidak konsisten. Pola hujan jadi terganggu sehingga berpotensi meningkatnya risiko banjir, ada juga risiko kekeringan yang tinggi di daerah tandus, seperti Asia dan Eropa.