Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:06 WIB

Habib Novel: Apa Pun Berbau Habib Rizieq Shihab Dihapus Instagram

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Foto :
  • MCH 2019
Habib Rizieq Shihab di pemakaman KH Maimoen Zubair

VIVA – Habib Novel Alaydrus membenarkan telah menghapus akun Instagram miliknya. Pimpinan majelis Ar Raudhoh, Surakarta, Jawa Tengah ini mengaku kesal karena saat mengunggah konten berupa foto dan video yang menampilkan Habib Rizieq Shihab dan pemakaman KH. Maimun Zubair, ternyata ditolak oleh Instagram. 

Dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 13 Agustus 2019, Habib Novel mengatakan, "Iya, saya kesal karena aplikasi ini tidak bisa membedakan mana akun yang bermanfaat dan tidak, dan tidak pula cek and ricek. Sehingga bisa dijadikan alat saling mencurigai dan adu domba. Makanya saya ajarkan kepada masyarakat, Instagram hanyalah aplikasi, kalau saya enggak cocok bekerja sama dengannya, ya saya buang, ganti yang lain," ujar dai kelahiran Surakarta, 24 Juli 1975 ini.

Baca Juga

Diceritakan Habib Novel, ini bukan kali pertama Instagram menolak konten bermuatan Habib Rizieq Shihab. "Apa pun berbau Habib Rizieq walau sekedar nama beliau saya tulis, enggak lama langsung dihapus. Ini bukan yang pertama, sudah beberapa kali," ujarnya.

Selain itu, Habib Novel juga mengaku telah mencoba mengunggah empat konten yang berisi Habib Rizieq yang ditolak Instagram itu di akun yang lain, yaitu akun milik Habib Muhammad bin Husin Alhabsyi dan kawan-kawan lainnya. Untuk diketahui, akun Instagram Habib Novel yang dihapus itu memiliki follower di atas 470 ribu.

Terpopuler

Kredit foto: Habib Novel Alaydrus

Kebijakan Instagram yang menurunkan konten Habib Rizieq itu dinilai Habib Novel tidak adil dan justru berpotensi mengancam demokrasi. Menurutnya, tidak boleh ada diskriminasi bagi siapa pun untuk tampil di media sosial ini. 

"Negara kita negara hukum, setan pun boleh hidup di negara ini dan mendapat perlakuan yang adil. Kalau kita tidak adil, maka ini berbahaya bagi demokrasi dan persatuan. Ingat prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Kalau hanya karena tidak suka dan tidak cocok kemudian tidak mau bertoleransi, maka sangat aneh dan berbahaya," ujarnya.

Sebelumnya, Habib Novel juga mengunggah pengumuman dalam video di akun YouTube bahwa telah menghapus akun Instagram. Video ini dipublikasikan pada Sabtu, 10 Agustus 2019, yang di dalamnya Habib Novel menyebut jika Instagram menolak Habib Rizieq, artinya bertentangan dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, dimana salah satu representasinya adalah mencintai ulama. 

Sementara itu, VIVA.co.id telah menghubungi pihak Instagram namun belum memberikan komentar. (ann)

Topik Terkait