3 Konten Habib Novel yang Dihapus Instagram, Disebut Kekerasan

Habib Novel Alaydrus
Sumber :

VIVA – Pimpinan majelis Ar Raudhah, Surakarta, Habib Novel Alaydrus, membeberkan tiga konten bermuatan Habib Rizieq Shihab yang dihapus Instagram. Di antaranya ada foto dan video. 

Semua konten tersebut, bukan sepenuhnya bercerita tentang Habib Rizieq. Habib Novel sebenarnya mengunggah seputar prosesi pemakaman KH. Maimoen Zubair alias Mbah Moen. Hanya saja, Habib Rizieq memang ada di dalam konten itu karena ikut hadir bertaziah dan mendoakan kepulangan Mbah Moen di Mekah. 

Atas insiden dihapusnya konten Habib Rizieq, Habib Novel lantas kesal dan memutuskan untuk menghapus akun Instagram-nya yang telah memiliki follower lebih dari 470 ribu. Ditambah lagi, ini bukan kali pertama Instagram menolak foto Habib Rizieq. 

"Apa pun berbau Habib Rizieq walau sekedar nama beliau saya tulis, enggak lama langsung dihapus. Ini bukan yang pertama, sudah beberapa kali," ujar Habib Novel dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 14 Agustus 2019. 

Sementara itu, Instagram telah memberikan klarifikasi terkait hal tersebut kepada VIVA, Rabu, 14 Agustus 2019, "Kami ingin agar semua orang yang menggunakan Facebook dan Instagram merasa aman dan nyaman saat mereka berbagi cerita maupun berhubungan dengan teman dan keluarganya," ujar Instagram.

Berikut ini tiga konten Habib Novel yang dihapus Instagram. 

1. Di foto ini Habib Novel menuliskan caption "Keluarga Waliyullah berkunjung ke cucu Nabi".

2. Ini tangkapan layar status Gus Wafi, putra Mbah Moen yang mengucapkan terima kasih pada Habib Rizieq Shihab karena memimpin pembacaan talqin dan doa. 

3. Satu lagi adalah video ketika Habib Rizieq Shihab mengenakan baju putih dengan sorban tengah berada di kerumuman orang dalam pemakaman Mbah Moen. 

Konten tersebut dilarang naik oleh Instagram dengan keterangan seperti berikut ini.