Karyawan Skype Bisa Dengar Audio Pengguna, Obrolan Seks Pun Bocor

Aplikasi pesan instan WeChat, WhatsApp dan Telegram.
Sumber :
  • Qumram

VIVA – Microsoft mengonfirmasi bahwa karyawan dan kontraktor dapat mendengarkan rekaman audio dari panggilan Skype dan Cortana. Perusahaan teknologi asal Amerika itu baru-baru ini diberitakan oleh Vice, dapat mendengar suara dari file audio yang tersimpan. 

Vice menunjukkan bukti berupa dokumen, tangkapan layar, rekaman audio yang mencakup percakapan pribadi pengguna, termasuk alamat lengkap dan obrolan seks di telepon. 

Dilansir laman Windows Central, Jumat, 16 Agustus 2019, kebijakan privasi Microsoft sebelumnya menyatakan bahwa rekaman audio tersebut akan digunakan untuk meningkatkan layanan Skype Translator dan Cortana, tetapi tidak secara rinci menjelaskan bahwa yang mendengarkan itu adalah manusia. 

Sekarang, kebijakan telah diperbarui, dengan menyatakan, "Pemrosesan data pribadi kami untuk tujuan ini mencakup metode pemrosesan otomatis dan manual (manusia)."

Baca juga: Mengapa Mark Zuckerberg Orang Paling Berbahaya di Dunia

Halaman FAQ Skype Translator sekarang juga menyebutkan bagian tentang vendor dan karyawan. Berikut ini: Ini mungkin termasuk transkripsi rekaman audio oleh karyawan dan vendor Microsoft, tunduk pada prosedur yang dirancang untuk melindungi privasi pengguna, termasuk mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi data, memerlukan perjanjian tanpa pengungkapan dengan vendor dan karyawan mereka, dan mengharuskan vendor memenuhi standar tertinggi. standar privasi yang diatur dalam hukum Eropa dan di tempat lain.

Bunyi teks tersebut kurang lebih sama juga dengan pembaruan laman privasi Cortana. 

Jika pengguna ingin menghapus rekaman audio untuk diri sendiri atau menghapus sejumlah informasi yang disimpan Microsoft, mereka bisa menggunakan alat online Microsoft. Tool ini bukanlah hal baru yang bisa menghapus riwayat penelusuran, rekaman audio, dan data lainnya.