Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 18 Agustus 2019 | 17:54 WIB

Ternyata Isu Salib Ustaz Abdul Somad Bermula dari Sini

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly
Ustad Abdul Somad

VIVA – Ceramah Ustaz Abdul Somad atau UAS soal hukum melihat salib sedang menjadi sorotan masyarakat Tanah Air. Kontroversi mengiringi beredarnya video ceramah mubalig asal Sumatera tersebut. Dalam klarifikasinya, UAS menegaskan video ceramah itu adalah barang lama, tiga tahun lalu.  

Kamu mungkin ada yang bertanya-tanya penasaran, kenapa video dan isu Ustaz Abdul Somad ini baru ramai saat ini? Siapa sih yang memulai menggulirkan isu Ustaz Abdul Somad ini. 

Baca Juga

Penelusuran akun Twitter dengan nama akun @nephilaxmus menemukan, ada lima cuitan dari beberapa akun yang mendorong kontroversi hukum melihat salib UAS ini, menjadi viral belakangan ini. 

Dalam penelusuran dengan kata kunci 'somad salib' akun ini menemukan lima cuitan yang kemungkinan mengamplifikasi isu miring terhadap UAS tersebut. 

Terpopuler

Dari tangkapan layar akun tersebut, akun Twitter @KatolikG merupakan akun yang terawal mengusung isu video hukum melihat salib UAS tersebut. Pada cuitannya, akun @KatolikG melampirkan postingan akun Instagram @katolik_garis_lucu yang berisi respons atas video ceramah UAS tersebut. 

Baca juga: Mentang-mentang Udah Halal, Roger Danuarta-Cut Meyriska Pamer Mesra

Dalam tangkapan layar akun @nexphilaxmus, cuitan Twitter akun @KatolikG tercatat pada 15 Agustus 2019 pukul 09.00 PM. 

Nah cuitan akun Twitter @KatolikG itu kemudian dibalas komentar beberapa akun, di antaranya akun @PosRonda551, yang memosting cuitan komentarnya pada 15 Agustus 2019 pukul 09.23 PM. 

Selanjutnya, akun Twitter lain yang mengawali isu ini yakni akun @TolakBigotRI pada 16 Agustus 2019. Dalam cuitannya akun ini prihatin dengan ceramah UAS tersebut. 

Sehari sebelum Hari Kemerdekaan, beberapa akun yang menggulirkan isu ceramah salib UAS yaitu akun @inspirasijiwa pada 16 Agustus 2019 pukul 12.22 PM. 

Akun lainnya yang mengomentari isu video ceramah UAS yakni akun @Rudi_Tarigan yang memosting statusnya pada 16 Agustus 2019 pukul 12.38 PM mengomentari postingan dari akun @TolakBigotRI. 

Nah, itu adalah temuan akun @nephilaxmus, kalau kamu penasaran akun ini sudah menyilakan kamu bisa menelusuri sendiri melalui pencarian di Twitter dengan mengetikkan kata kunci 'somad salib'. (row)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Arteria Dahlan Dihujat, Acara UAS Batal dan Hujan Batu
BERITA - 5 hari lalu