#JanEthesSukaBarangImpor Jokowi Kena Karma Sindiran

AHY, istri, Jokowi, Gibran dan Jan Ethes
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Kamu mantengin tren topik terpopuler hari ini di Twitter enggak? Selain tagar #KamiBersatuBersamaUAS ada juga tagar yang mengekor populer lho. Yap, tagar yang dimaksud adalah #JanEthesSukaBarangImpor.  Gara-gara tagar ini, warganet menyindir Jokowi kena karma.

Tagar soal Jan Ethes ini gara-gara soal penampilan cucu Presiden Jokowi itu dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara, Sabtu 17 Agustus 2019. 

Outfit Jan Ethes memang menyita perhatian sampai urusan alas kakinya. Ternyata warganet menemukan, Jan Ethes menggunakan outfit impor, sebab sepatu yang dikenakan putra Gibran Rakabuming Raka itu mereknya adalah Gucci. Merek ini begitu terkenal sebagai merek impor yang harganya untuk orang berduit.

Reaksi beragam muncul dari komentar warganet di Twitter. Ada yang menyindir, ada yang membela Jan Ethes. 

Komentar sindiran yang muncul, merujuk pada imbauan jangan hobi produk impor yang disampaikan Jokowi dalam beberapa pidato. Warganet miris kenapa saat sang kakek mengampanyekan jangan terlalu senang menggunakan produk impor, eh malah cucunya sendiri yang menggunakan produk impor.

Menariknya lagi, dua hari sebelum HUT RI di Istana, Jokowi menyindir ibu-ibu yang gemar membeli dan menggunakan tas dan sepatu impor. Jokowi menyampaikan peringatan pada ibu-ibu dalam Pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Mal Senayan City, Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019. Dalam sindirannya, Jokowi mengatakan hobi ibu-ibu membeli produk impor berkelas membuat negara dagang menjadi defisit.

"Boleh saja beli barang impor kalau ada duit. Tapi lebih baiknya lagi keluarga presiden menjadi teladan warga Indonesia," komentar akun @MayonalPuerta. 

Warganet yang membela, berdalih tak sepantasnya Jan Ethes yang masih kecil dan tak tahu menahu tentang impor, tak didramatisasi dan dikapitalisasi untuk menyindir Jokowi. 

Tercatat tagar #JanEthesSukaBarangImpor sempat menempel ketat tagar Ustaz Abdul Somad. Tagar Jan Ethes muncul dalam 5 ribu cuitan. Kalau menurutmu bagaimana nih, Jan Ethes pakai sepatu impor?