Momen Menteri Susi dan Sri Mulyani Emoh Disuguhi Minuman Botol Plastik

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menjadi narasumber dalam dialog di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (14/3/2017).
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mendadak bikin riuh ribuan anak muda di Istora Senayan, Minggu, 18 Agustus 2019. Pasalnya, Menteri Keuangan ini menolak dengan tegas saat disuguhi minuman berbotol plastik.

Saat itu, Menteri Keuangan ini sedang berpidato menyampaikan materi pengembangan ide tentang startup di panggung Ignite The Nation, peresmian Gerakan Nasional 1000 Startup 2019. "Ini botol plastik, aku kurang suka," kata Sri Mulyani disambut tepuk tangan penonton.

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti yang saat itu di samping Sri Mulyani lantas menyela, "Hindari pemakaian plastik sekali pakai," ujar Susi yang juga dibalas sorak sorai penonton. Panitia pun mengganti botol minuman tersebut. 

Sri Mulyani dan Susi, bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Kepala Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM) Thomas Lembong, menjadi pembicara Ignite The Nation. Sebuah acara yang mempertemukan anak muda pengusaha startup. Acara ini diikuti sekitar 8000 peserta. 

Gerakan Nasional 1000 startup merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang mengajak generasi muda Indonesia berperan dalam memberikan solusi permasalahan bangsa dengan mendirikan perusahaan rintisan atau startup. Program ini telah diselenggarakan sejak tahun 2016 dan bertujuan untuk mendorong ekosistem ekonomi digital di Indonesia.