Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 19 Agustus 2019 | 18:19 WIB

Smartfren Uji Coba 5G, Kecepatan Tembus 8,7 Gbps

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Novina Putri Bestari
Foto :
  • VIVA/Novina Putri Bestari
Smartfren uji coba jaringan 5G

VIVA – Hai kabar gembira nih buat kamu pelanggan setia Smartfren. Operator seluler tersebut resmi menguji coba penerapan 5G bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta ZTE.

Smartfren pamer jaringan 5G mereka pada perangkat virtual reality atau VR dan robotik. Uji coba penerapan ini dilakukan menggunakan frekuensi 28 Ghz. Saat diuji peak throughput mencapai 8,7 Gbps. 

Baca Juga

"Ini titik penting bagi kita semua. Beberapa negara sudah komersial, beberapa negara masih trial," ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys di PT Smart Tbk. Refinery, Kawasan Marunda, Jakarta, Senin 19 Agustus 2019. 

Dia menjelaskan aplikasi membutuhkan bandwidth masif sedangkan jaringan 5G menjanjikan akan memberikan bandwidth yang tinggi dan latensi cepat. Rencananya uji coba akan dilakukan enam bulan hingga satu tahun. 

Terpopuler

Penerapan dilakukan pada wilayah yang menggunakan robotik dan manusia dilarang masuk. Salah satunya dilakukan dalam memonitor proses penyimpanan barang.

Selain itu penerapan dengan perangkat VR, pengguna bisa melihat secara langsung melalui kamera yang beranda dalam ruangan. Ada pula pengoperasi drone untuk mengevaluasi secara mendetail jika terdapat masalah saat proses. 

Baca juga:  Hebih Video Lelang Pemberontakan, Kepala Bekraf Bela-belain Mohon Maaf

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail mengatakan, tujuan 5G adalah untuk membangun ekosistem bukan hanya konektivitas saja. 

Soal aturan mengenai 5G, Ismail menanyakan kebutuhan aturan tersebut. Jika tidak diperlukan lebih baik tak perlu diatur. "Aturannya buat apa? Kan aturan dibuat kalau perlu. Kalau enggak usah ada aturan ya enggak usah," ujarnya. Nah Smartfren sedang uji coba 5G, apa harapanmu guys?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hongqiao, Stasiun Pertama di Dunia dengan Teknologi 5G
TVONE NEWS - 8 bulan lalu