Tanpa One Time Password, Akunmu Gampang Dijebol

Password
Sumber :
  • Instagram/@cozaktechnologies

VIVA – One Time Password atau OTP menjadi salah satu fitur keamanan yang sering digunakan platform digital. Salah satu yang menggunakan fitur keamanan akses tersebut adalah Kredivo. 

Head of Product Kredivo, Iswara Gozali mengatakan, One Time Password menjadi pelindung dari akun pengguna. Apalagi banyak password yang biasanya digunakan dengan pola yang mudah dijebol peretas. 

"Kalau PIN-nya gampang dan kita enggak challenge dengan OTP, yang pasti akun saya akan jebol," ujar Iswara di Jakarta, Selasa 20 Oktober 2019. 

Dia mengatakan, OTP merupakan semacam kode random dan berlaku untuk sekali transaksi. OTP akan dikirimkan melalui nomor ponsel pengguna dengan asumsi pengguna memegang handphone sebagai perangkat verifikasi. 

Soal potensi diretas, Iswara mengatakan, OTP memang memiliki potensi lebih kecil untuk diretas. Fitur ini sudah digunakan sejumlah aplikasi seperti Gojek. 

"Di semua pesan Gojek selalu ada ‘jangan berikan kode OTP ke siapa pun termasuk ke drivernya’, karena itu untuk keamanan kita sendiri," kata dia. 

Baca juga nih: Tenteng Duit Banyak, Siap-siap Dipenjara

Pilihan keamanan bagi akun memang tidak hanya OTP. Iswara mengatakan, Apple mengeluarkan fitur untuk memverifikasi sidik jari di sejumlah iPhone mereka. “Tapi kan enggak semua device support itu," kata Iswara. (kwo)