Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:00 WIB

Info Cuaca Buruk Landa Bekasi Tak Logis, Cek 4 Fakta BMKG Ini

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Ilustrasi cuaca buruk

VIVA – Kemarin beredar informasi di grup WhatsApp, cuaca buruk bakal melanda Bekasi, Jawa Barat pada Jumat 23 Agustus 2019. Dalam informasi yang beredar itu, cuaca buruk ini dampak dari operasional PLTU Batu Bara Suralaya di Cilegon, Banten. Kamu sudah cemas ya?

tenang saja, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menegaskan informasi tersebut hoaks dan tak logis. Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto mengatakan, informasi cuaca buruk Bekasi itu tak bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga

Secara lokasi, PLTU Suralaya terbilang jauh untuk bisa memengaruhi cuaca di Kota Patriot. Alasan informasi tersebut tidak benar yaitu, arah angin saat ini justru mengarah dari Bekasi ke Cilegon, sehingga informasi tersebut jelas tidak benar.

Berikut penjelasan BMKG atas informasi cauca buruk Bekasi dikutip dari Jumat 23 Agustus 2019:

Terpopuler

Tak ada peringatan dini

Tidak ada peringatan dini cuaca buruk untuk Bekasi pada Jumat 23 Agustus 2019. Artinya kamu yang di Bekasi jangan cemas ya, tetap beraktivitas seperti biasanya saja.

Lokasi jauh

PLTU Batu Bara Suralaya lokasinya ada di Cilegon Banten, jauh di sebelah barat kota Tangerang, DKI Jakarta, dan Bekasi.

Angin dari timur ke barat 

Saat ini, aliran angin dan massa udara arahnya berasal dari timur-tenggara menuju arah barat- barat laut. Artinya, jelas Siswanto, arah angin justru mengalirkan massa udara dari Bekasi atau Jakarta menuju Cilegon, bukan sebaliknya.

Tak logis

Dengan begitu, argumentasi bahwa polusi di Bekasi disebabkan oleh polusi yang bersumber dari PLTU Batu Bara kurang dapat diterima logika. Adapun bila terukur polusi udara di Bekasi, dapat dimungkinkan sumbernya adalah dari kawasan sekitarnya.

Baca juga nih: Pantas Saja Kalimantan Timur Kerap Kena Gempa

Sebelumnya beredar pesan yang menginformasikan cuaca buruk Bekasi. 

Salam. Yth. Bpk ibu org tua semoga dirahmati oleh Allah, sehubungan dengan informasi cuaca yg buruk di daerah kota bekasi, di hari Jumat 23 Agustus 19, dampak dari PLTU Batu Bara, angin yang membawa debu 2,5 micron dari arah suralaya menuju Jakarta, berakibat udara buruk dan langit terlihat memerah, maka kami mohon putra Putri di bekali dengan masker debu 2,5 mikron dan diharapkan beraktivitas di dalam ruangan dan menjaga kondisi fisik. Semoga kita dalam keadaan sehat wal Afiat dan bisa melaksanakan aktivitas kerja secara normal. Aamiin.

Nah demikian penjelasan dari BMKG, ayo hati-hati ya mengelola informasi cuaca buruk Bekasi. Pastikan validitas informasi dan lakukan tabayun dahulu sebelum menyebar.   

Topik Terkait
Saksikan Juga
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di Ibu Kota
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu