Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru, Penajam Paser Utara Dicari Warganet

Pemandangan Penajam Kalimantan Timur. Foto: Ig: @kaltimku
Sumber :

VIVA – Presiden Jokowi baru saja mengumumkan lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur, pada Senin, 26 Agustus 2019 di Istana Negara. Jokowi menyebut daerah itu tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara," ujar Jokowi. 

Pengumuman tersebut langsung disambut oleh warganet di Twitter dengan topik Penajam Paser Utara menjadi perbincangan hangat. Sebagian mereka mengucapkan selamat pada daerah yang dulunya merupakan bekas kerajaan Hindu pertama di Indonesia itu.

"langsung deh, searching Penajam Paser Utara. selamat sudah terpilih bersama Kutai Kartanegara...," cuitan salah seorang warganet. 

Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan bahwa alasan dipilihnya ibu kota baru di Penajam Paser Utara ini di antaranya merupakan daerah dengan risiko bencana minim, lokasi strategis di tengah wilayah Indonesia, berdekatan dengan perkotaan yang sudah berkembang yakni Balikpapan dan Samarinda, infrastruktur relatif lengkap, dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah dengan luas 180 ribu hektar. 

Saat berita ini diturunkan hashtag #PenajamPaserUtara dan #IbuKotaBaru langsung menjadi trending di Twitter.