Sesar Adang-Paternoster, Potensi Gempa Dekat Penajam Paser Utara

Sesar Adang-Paternoster
Sumber :
  • Laman Dongeng Geologi

VIVA – Teka-teki lokasi ibu kota pengganti Jakarta akhirnya terjawab sudah. Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2019. Dua lokasi yang dimaksud yakni sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lainnya ada di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. 

Wilayah Kalimantan Timur tak lepas dari potensi bencana. Salah satu potensi gempa berasal dari dinamika Lempeng Paternoster. 

Menurut catatan Maghfira dalam tulisan Sesar Adang, Penyebab Gempa Tabalong Kalimantan pada laman Dongeng Geologi , menjelaskan bagaimana lempeng ini berpotensi menimbulkan gempa: 

Lempeng Paternoster

Maghrifa menuliskan pada bagian sisi timur Kalimantan, gempa disebabkan pergerakan lempeng Paternoster yang terdesak ke arah bagian lempeng benua Asia (Schwaner core).

Sesar Adang-Paternoster

Selain desakan lempeng Paternoster, gempa di sisi timur Kalimantan ini dipicu dengan hadirnya sesar di kawasan, Tabalong dan Balikpapan. Sesar yang dimaksud yakni Sesar Adang. Makanya kawasan timur Kalimantan ini bolak balik kena gempa.

Profil Sesar Adang-Paternoster 

Sesar Adang-Paternoster merupakan sesar normal yang mengalami reaktivasi. Aktivitas tektonik ini menghasilkan bentukan pop up atau transpenssion structure pada bawah permukaan Bumi yang relatif dangkal. 

Maghfira menuliskan, Sesar Adang-Paternoster menjadi kawasan rentan gempa apabila Paternoster mengalami pergerakan. Jadi pantas saja kawasan Balikpapan dan sekitarnya, termasuk Tabalong kerap terjadi gempa.

Lokasi sesar Adang-Paternoster

Dalam peta potensi gempa, ibu kota baru yakni Kabupaten Penajam Paser Utara bersebelahan dengan lokasi sesar ini. Kalau dilihat di peta, lokasi sesar ada di sisi barat daya dari ibu kota baru tersebut. 

Baca juga nih: Ibu Kota Pindah Bagaimana Nasib Jakarta?

Panjang Sesar Adang-Paternoster

Sesar Adang-Paternoster ini memanjang mulai dari Bantimala, Makassar melewati Kuching. kemudian Natuna dan memanjang ke arah barah laut pada Lempeng Benua Asia. Pada titik Selat Makassar, Sesar Adang menjadi batas mikrokontinen Paternoster dengan cekungan Kutai. Makanya dikenal dengan Sesar Adang-Paternoster.