Rudiantara Prediksi Gopay Bisa Kalahkan Bank Konvensional

Rudiantara Prediksi Gopay Bisa Kalahkan Bank Konvensional. (FOTO: Sufri Yuliardi)
Sumber :
  • wartaekonomi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memprediksi pada tahun 2030 konsumen Gopay akan setara bank, bahkan lebih besar dilihat dari tren peningkatan transaksinya.

“Tahun 2030, siapa consumer bank paling besar di Indonesia? Yang mungkin paling besar adalah Gopay atau Gojek,” kata Rudiantara dalam diskusi di The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa telah terjadi perubahan dalam masyarakat dalam mengelola uang transaksi mereka, salah satunya menggunakan aplikasi finansial digital. Rudiantara mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia telah mendukung kebijakan yang mendukung dalam terciptanya pertumbuhan ekonomi dari finansial digital.

“Jangankan perubahan transaksi, dulu saja sekolah harus di kelas, sekarang belajar bisa dilakukan lewat gawai karena adanya penyedia aplikasi belajar,” kata Menkominfo.

Ekonomi digital di Indonesia diterima dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat, alasan utama diterima adalah terbukanya lapangan kerja yang besar dari dampak bisnis tersebut.

“Sebut saja misal Gojek, dulu berapa pendapatan ojek pangkalan, sekarang bisa berkali lipatkan dari aplikasi tersebut,” kata Menkominfo.

Selain itu, juga dapat mengangkat UMKM untuk dapat berkembang atas adanya jasa aplikasi digital tersebut, dengan berkolaborasi, asalkan punya dapur, maka masanya rakyat bisa membuat merek usaha mereka untuk ditawarkan kepada masyarakat.