Hai Nelayan, Pakai Aplikasi Laut Nusantara Dijamin Mudah Tangkap Ikan

Aplikasi Laut Nusantara besutan XL Axiata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – XL Axiata terus mengembangkan aplikasi Laut Nusantara. Tahun ini versi ketiga dari aplikasi telah tersedia dengan sejumlah fitur baru. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan aplikasi Laut Nusantara menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk membangun laut di Indonesia. 

"Membantu nelayan terus up to date menggunakan aplikasi digital. Bukan lagi mencari ikan tapi menangkap ikan," kata Yessie, dalam acara bertajuk Inovasi Bahari di Jembrana, Bali, Kamis 29 Agustus 2019. 

Dia mengatakan, sudah ada 15 ribu pengguna aktif aplikasi Laut Nusantara. Aplikasi ini tidak hanya digunakan pengguna XL Axiata saja tapi seluruh pengguna internet bisa memakainya. 

Beberapa fitur yang terdapat di aplikasi ini adalah rute, tombol SOS, dan chat live. Tombol SOS dan chat live merupakan cara agar para nelayan bisa melaporkan bila terjadi sesuatu saat sedang melaut. 

"Jadi pas lagi melaut enggak tahu apa yang akan terjadi. Jadi mereka paling tidak minta bantuan keadaan darurat," kata dia. 

Baca juga nih: Ini Awal Mula Heboh #kkndesapenari, Horor Banget

Pada versi 2, aplikasi Laut Nusantara terdapat fitur untuk menghitung BBM, pada versi teranyar ini pengguna bisa menentukan rute perjalanan. Yessie mengharapkan aplikasi Laut Nusantara bisa membantu para nelayan di Indonesia. 

"Semoga menjadi berkah untuk kita semua terutama teman-teman nelayan seluruh Indonesia," ujarnya.