Solusi Big Data Ini Jamin Hasilnya Akurat, Dipakai Perusahaan Besar RI

CEO Paques, Benni Adham
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Menjawab tren big data, perusahaan perangkat lunak lokal, Paques resmi memperkenalkan tiga produk andalannya, Paques Data Lake, Paques Data Studio dan Paques Data Modeler. Ketiga solusi ini mempermudah pengelolaan data yang besar.

"Software kami dilengkapi dengan fitur Distributed Asynchronous Pipeline Processing, yang bisa menjalankan kuerinya secara paralel di banyak server dan proses selanjutnya dapat dikerjakan secara bersamaan tanpa harus menunggu proses sebelumnya selesai," ujar Chief Executive Officer Paques, Benni Adham di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Solusi bih data tersebut menawarkan hasil pengolahan data yang akurat. Berikut detail dari ketiga solusi yang disediakan Paques:

Paques Data Lake

Produk ini diklaim andal untuk mengelola data yang besar dan kompleks, dalam waktu yang relatif singkat. Paques Data Lake menjadi pusat repositori penyimpanan data besar dari berbagai sumber, dalam bentuk data terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur. 

Paques Data Studio

Platform ini digunakan untuk analisis visual dengan fitur intuitif dan kaya. Platform ini merupakan yang pertama di dunia, yang mana pengguna dapat mengakuisisi data, memproses data hingga memvisualisasi data dalam satu platform. 

Paques Data Modeler

Program yang satu ini adalah alat yang bisa digunakan untuk ilmuwan data. Teknologi ini disempurnakan dengan machine learning sehingga klien bisa mendapatkan hasil yang akurat. 

"Paques memiliki modul natural language processing dan kecerdasan buatannya memiliki kemampuan mengolah, memahami bahasa dengan teknik menggabungkan berbagai metode, termasuk linguistik, semantik, statistik dan machine learning," katanya. 

Saat ini produk-produknya sudah digunakan beberapa perusahaan besar di Tanah Air, seperti Telkom Indonesia, Telkomsel, Bursa Efek Indonesia serta beberapa institusi pemerintahan. Benni berharap produk-produknya dapat diandalkan.