Facebook Tak Gratis Lagi, Seriusan nih?

Facebook mengumumkan uang digital Libra.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Facebook diam-diam mengubah slogan pada halaman website-nya, dari 'it’s free and always will be' menjadi 'its quick anda easy'. Padahal slogan lama telah dipakai media sosial itu selama hampir satu dekade lho. Ada apa ya, seriusan enggak sih

Perubahan ini menarik perhatian dari warganet dan pengguna, sekaligus menimbulkan spekulasi media sosial besutan Mark Zuckerberg itu tak gratis lagi alias berbayar.

Laman Business Insider pertama kali yang melaporkan perubahan slogan tersebut. Dalam pelacakan arsip internet, Business Insider menemukan, perubahan slogan ini terjadi antara 6 Agustus dan 7 Agustus 2019. Slogan baru lahir pada 7 Agustus 2019. 

Perubahan slogan Facebook ini mengundang pakar hukum digital Jose Antonio Castillo berkomentar. Menurutnya dengan perubahan slogan tersebut, tetap tak mengubah sejatinya Facebook memang tak gratis seperti yang diyakini pengguna selama ini. 

"Andalan Facebook sebelumnya dan sampai saat ini tetap masih data personal pengguna. Facebook tak pernah gratis, karena data punya nilai banyak uang," jelasnya. 

Castillo menduga, perubahan slogan diam-diam ini kemungkinan respons Facebook terhadap keputusan parlemen Uni Eropa yang menegaskan pertukaran data pada dasarnya merupakan bentuk baru pembayaran.

Terlepas dari motif perubahan slogan tersebut, Facebook ternyata kontradiktif. Slogan gratis terus dipasang selama hampir satu dekade, namun dalam Kebijakan Platform pada bagian 7, media sosial raksasa ini mengingatkan kepada pengguna, mereka tak menjamin platform akan gratis seterusnya. "Kami tak menjamin platform ini akan selalu gratis," tulis Facebook. Nah lho, yang benar yang mana nih?

Laman Business Insider sudah mengontak Facebook untuk menanyakan kenapa slogan berubah. Tapi sayangnya, perusahaan media sosial ini belum meresponsnya. Menarik untuk dinantikan apakah nanti Facebook bakal enggak gratis lagi.