Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 30 Agustus 2019 | 07:06 WIB

6 Tips dan Trik Aman Main Facebook, Enggak Perlu Khawatir Lagi Deh

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Trusted Reviews
Facebook.

VIVA – Isu keamanan siber akhir-akhir ini semakin meresahkan. Beberapa perusahaan teknologi kabarnya tengah menyiapkan tools keamanan demi menjaga keamanan pengguna. Salah satu yang mengembangkan alat keamanan adalah raksasa media sosial Facebook.

Hal ini disampaikan oleh Privacy and Public Policy Manager Facebook APAC, Arianne Jimenez. Ia mengatakan pengguna bisa memanfaatkan tools Facebook, seperti menyalakan notifikasi log in dari perangkat yang tidak dikenal.

Baca Juga

"Alat yang kami ciptakan mungkin sangat sederhana, tapi ini sangat berpengaruh. Kami juga redesign menu pengaturan, sehingga pengguna bisa temukan setting privacy lebih cepat," ujarnya di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.

Berikut adalah beberapa tips dan alat yang bisa digunakan pengguna Facebook untuk melindungi dirinya.

Terpopuler

Lindungi password

Kode Facebook sebaiknya tidak digunakan untuk akun personal lainnya, seperti email atau media sosial. Password setidaknya terdiri dari enam karakter unik. Hindari juga penggunaan nama sendiri, tanggal lahir atau kata umum lainnya. Kamu bisa gunakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca.

Jangan sembarang membagikan informasi

Ada kalanya Facebook bekerja sama dengan pihak ketiga, sehingga saat Kamu ingin mendaftar di suatu akun, bisa menggunakan akun Facebook. Tapi terkadang ada penjahat siber yang menggunakan situs palsu, membuat Kamu terkecoh dan memberikan username dan kode rahasia.

Ada baiknya untuk selalu melakukan cek URL situs sebelum memasukkan informasi log in. Jika ragu, bisa membuka www.facebook.com di browser, kemudian cari menu agar Kamu bisa menghindari phishing.

Jangan lupa log out

Jika kamu membuka Facebook menggunakan perangkat di tempat umum, jangan lupa untuk kembali keluar dari akun. Jika lupa, maka Kamu bisa melakukannya dari jarak jauh. Caranya dengan membuka Pengaturan Keamanan dan klik menu Di mana Anda Masuk. Setelah itu pilih keluar pada aktivitas log in yang tidak dikenal.

Tolak permintaan teman yang tidak dikenal

Penjahat siber biasanya menggunakan akun palsu untuk memangsa korban. Ketika Kamu menerima pertemanan yang tidak dikenal, penjahat berpotensi mengirim spam ke linimasa, menandai Kamu dalam sebuah posting-an atau mengirim pesan berbahaya.

Software berbahaya

Perangkat lunak berbahaya bisa diketahui saat Kamu mempelajari tanda-tanda di perangkat. Jika terbukti terinfeksi virus, maka cari tahu cara memulihkannya. Untuk menghindarinya, jangan lupa untuk selalu memperbarui browser dan hapus aplikasi ilegal.

Jangan asal klik URL

URL yang dikirimkan teman, sanak keluarga atau bahkan dari orang yang tidak dikenal, ada baiknya untuk tidak langsung diakses. Biasanya URL dikirim dalam sebuah posting-an di linimasa. Ada juga yang melalui email. Jika Kamu menemukan hal yang mencurigakan, bisa melaporkannya ke Facebook. (rna)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Facebook Bersedia Bayar Denda Rp 70 Triliun
TVONE NEWS - 3 bulan lalu