YouTube Tak Mau Pembuat Konten Sibuk Mikirin Subscriber

Ilustrasi YouTube
Sumber :
  • U-Report

VIVA – YouTube akan segera mengeluarkan kebijakan baru, soal jumlah pengikut kanal video. Nantinya, jumlah subscriber akan disingkat penomorannya.

Keputusan ini secara bertahap mulai diterapkan pada bulan ini, seperti dilansir dari laman Techspot, Minggu 1 September 2019.

Langkah tersebut telah diumumkan pada Mei lalu. Penyingkatan angka itu akan dilakukan, baik di desktop maupun aplikasi, khusus untuk pemilik kanal yang pengikutnya lebih dari 1.000 orang.

Contohnya, saat kreator memiliki 4.227 pengikut, maka penulisan angkanya akan disingkat menjadi 4,2k, hingga kanal mencapai 4.300 pengikut.

Namun, para pembuat konten tidak perlu khawatir. Mereka tetap bisa melihat angka detailnya di YouTube Studio dan YouTube Analytics.

Menurut pengembang YouTube, dengan disingkatnya penulisan angka jumlah pengikut, maka para pembuat konten bisa lebih berkonsentrasi dan fokus membuat tayangan yang menarik. Mereka tidak perlu stres memikirkan jumlah pengikut.

Ide ini bukan hanya dipraktikkan oleh YouTube. Diketahui, saat ini Instagram juga sedang menyembunyikan jumlah like di beberapa negara. Tujuannya sama, agar pemilik akun tidak fokus pada peningkatan jumlah pengikut.