Setelah Instagram, Facebook Juga Sembunyikan Jumlah Like

Facebook.
Sumber :
  • WalesOnline

VIVA – Facebook dikabarkan mengikuti jejak Instagram yang menyembunyikan jumlah Like pada postingan News Feed. Ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari kecemburuan dan mendorong untuk sensor diri. 

Dilansir laman Tech Crunch, ahli reverse engineering bernama Jane Manchun Wong yang menemukan Facebook membuat prototipe Like tersembunyi di aplikasi Android. 

Saat diminta tanggapannya, Facebook mengkonfirmasi pihaknya sedang mempertimbangkan ujicoba penghapusan jumlah like. Namun kebijakan tersebut belum live bagi pengguna. 

Sebelumnya anak perusahaan Facebook, Instagram sedang melakukan ujicoba untuk menyembunyikan jumlah Like. Ujicoba ini telah dilakukan sekitaran bulan April lalu. 

Saat itu baru pengguna Kanada yang merasakan kebijakan tersebut. Lalu Instagram menambahkan Brasil, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Jepang untuk melakukan tes pada bulan Juli. 

Facebook sendiri masih enggan membagikan hasil ujicoba menyembunyikan jumlah like. Termasuk soal alasan dan juga jadwal uji coba lainnya. 

Jika ujicoba hilangnya like Facebook benar dilakukan, nampaknya akan sama seperti Instagram. Mereka akan melakukannya secara bertahap di beberapa negara terlebih dahulu. 

Kemungkinan besar juga kebijakan tidak akan dirilis apabila dilihat secara signifikan mengganggu pengguna serta pendapatan iklan mereka.