Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 3 September 2019 | 12:16 WIB

Setelah Instagram, Facebook Juga Sembunyikan Jumlah Like

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Misrohatun Hasanah
Novina Putri Bestari
Foto :
  • WalesOnline
Facebook.

VIVA – Facebook dikabarkan mengikuti jejak Instagram yang menyembunyikan jumlah Like pada postingan News Feed. Ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari kecemburuan dan mendorong untuk sensor diri. 

Dilansir laman Tech Crunch, ahli reverse engineering bernama Jane Manchun Wong yang menemukan Facebook membuat prototipe Like tersembunyi di aplikasi Android. 

Baca Juga

Saat diminta tanggapannya, Facebook mengkonfirmasi pihaknya sedang mempertimbangkan ujicoba penghapusan jumlah like. Namun kebijakan tersebut belum live bagi pengguna. 

Sebelumnya anak perusahaan Facebook, Instagram sedang melakukan ujicoba untuk menyembunyikan jumlah Like. Ujicoba ini telah dilakukan sekitaran bulan April lalu. 

Terpopuler

Saat itu baru pengguna Kanada yang merasakan kebijakan tersebut. Lalu Instagram menambahkan Brasil, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Jepang untuk melakukan tes pada bulan Juli. 

Facebook sendiri masih enggan membagikan hasil ujicoba menyembunyikan jumlah like. Termasuk soal alasan dan juga jadwal uji coba lainnya. 

Jika ujicoba hilangnya like Facebook benar dilakukan, nampaknya akan sama seperti Instagram. Mereka akan melakukannya secara bertahap di beberapa negara terlebih dahulu. 

Kemungkinan besar juga kebijakan tidak akan dirilis apabila dilihat secara signifikan mengganggu pengguna serta pendapatan iklan mereka. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Monyet Nakal 'Raba-raba' Mantan Miss Russia di Bali
SHOWBIZ - 3 bulan lalu