11 Kabupaten di Papua Antre Buka Blokir Internet

Petisi #NyalakanLagi Papua
Sumber :
  • Change.org

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah membuka blokir internet sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat secara bertahap Jumat malam 6 September 2019. Yap! kini dua kabupaten di wilayah Papua lainnya giliran dibuka blokirnya. Dua kabupaten tersebut yaitu Dogiyai dan Nabire.

Wilayah yang mengantre buka blokir internet tersisa 11 kabupaten di Papua dan Papua Barat. Untuk wilayah di Papua, masih ada delapan kabupaten yang akses internet belum dibuka. Kedelapan kabupaten itu adalah Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, dan Yahukimo.

"Masih terus dipantau situasinya dalam 1 (satu) atau 2 (dua) hari ke depan," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam siaran persnya, Jumat 6 September 2019.

Kominfo juga bakal terus memantau perkembangan situasi tiga kabupaten di Papua Barat. Wilayah yang internetnya masih diblokir yaitu Kota Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Baca juga kuy: 10 Trik Psikologi Agar Mudah Disukai Banyak Orang

Pembukaan blokir dilakukan bertahap oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak Rabu malam 4 September 2019. Wilayah yang internetnya telah bisa diakses kembali dinilai kondisinya mulai pulih. Per Rabu lalu, 19 Kabupaten di wilayah Papua dan 10 Kabupaten Papua Barat oleh pemerintah dibuka blokirnya.