Lakukan Cara Mudah Ini, Laptop Kamu Bisa Makin Awet

Ilustrasi depan laptop.
Sumber :

VIVA – Laptop saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, khususnya para pekerja. Namun layaknya perangkat elektronik, laptop juga kerap kali menemui masalah setelah penggunaan dalam rangka waktu tertentu. 

Menurut Consumer Lead Lenovo Indonesia, Julius Tjhin, jangka waktu penggunaan laptop itu tergantung pemakaian dari penggunaannya. Akan berbeda waktunya antara pengguna yang apik merawat perangkat dengan pengguna yang tidak merawat perangkatnya. 

"Misalnya ibaratnya apik, harusnya akan lebih lama sih dibandingkan yang tidak dirawat segala macem," kata dia di Jakarta, Senin 9 September 2019. 

Namun pengguna Lenovo bisa menggunakan produk yang memiliki garansi hingga dua tahun. 

Julius mengatakan, penggunaan laptop dengan perawatan telaten maka bisa digunakan lebih dari dua tahun. Termasuk untuk produk laptop gaming yang penggunaannya jauh lebih berat lagi. 

"Iya, karena memang gamers tadi durability segala macemnya sudah lolos kualifikasi lah," ujar Julius.

Baca juga nih: Bikin Orang Penasaran Aja, Grab dan Gojek Terancam di Thailand

Dia mencontohkan pengguna yang baik misalnya saat sudah selesai melakukan pekerjaan dengan laptop, sebaiknya langsung dimatikan atau dalam mode 'sleep'. 

"Misalnya ninggaling kerjaan kita tinggal tutup doang, harusnya di-shutdown dulu atau pun dibikin sleep kayak gitu-gitu lebih ke software-nya. Kalau hardware-nya mungkin dimasukkin lagi ke case, enggak langsung ke tas atau pun kebanting," jelas Julius.