Abu Janda di Palestina, Warganet Doakan Enggak Pulang ke Indonesia

Abu Janda alias Permadi Arya
Sumber :

VIVA – Aktivis media sosial Abu Janda sedang berada di Palestina dan Israel. Dilihat dari aktivitasnya di Instagram, pemilik nama asli Permadi Arya ini berziarah ke tanah suci Jerusalem. 

Terlihat dalam vlog singkat Abu Janda berbicara di depan kamera dengan latar belakang Masjid Al Aqsa dan Dome of the Rock. 

Sementara itu pada hari ini, Minggu, 15 September 2019, tagar bernada penolakan terhadap Abu Janda berkicau di Twitter. Bukan dari warga Palestina melainkan dari tanah air, yaitu #IndonesiaTanpaAbuJanda. Salah satu keinginan yang warganet sertakan dalam caption, supaya Abu Janda tak pernah kembali ke Indonesia

Belum diketahui apa yang maksud dan tujuan tagar tersebut. Namun Abu Janda sendiri diketahui sebagai aktivis yang kontroversial. Hal ini terkait pandangan dan pilihan politiknya sehingga sejumlah kalangan tidak sepemikiran dengan Abu Janda. 

Beberapa hari lalu, ketika Abu Janda baru berangkat menuju Jerusalem, Twitter juga bergema tagar #KarmaAbuJanda disertai video yang berpesan supaya warga Palestina tidak menerima Abu Janda. Hal ini karena ia dianggap sebagai sekutu bangsa Israel. 

Namun, dari tayangan video Abu Janda di depan Masjidil Aqsa, Abu Janda terlihat tak menghadapi masalah serius dengan warga setempat. Bahkan ia memeluk seorang pemuda Palestina yang mengatakan: "I love you, Indonesia. Indonesia Muslim. Muslim brother to Muslim."