Ketika WhatsApp dapat Sindiran Menohok dari Telegram

Ilustrasi Whatsapp dan Telegram.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – WhatsApp dan Telegram sepertinya sedang terlibat persaingan sengit. Keduanya belum lama ini kedapatan 'pamer' batas ukuran transfer file, dan uniknya itu dilakukan baik oleh WhatsApp dan Telegram di akun Twitter masing-masing dalam selang waktu yang tak lama.

WhatsApp mencuit pada Jumat, 13 September 2019, pukul 5:34 yang menyarankan bagi pengguna apabila bermasalah mengirimkan file yang terlalu besar via email, lebih baik pilih WhatsApp saja. 

"Perlu mengirim email tapi lampirannya terlalu besar? Coba gunakan WhatsApp sebagai gantinya, dimana kamu bisa mengirim file hingga 100 MB. #WhatsAppTricks," bunyi cuitan WhatsApp di akun Twitter WhatsApp Inc. 

Sementara angka file 100 MB tampaknya cukup besar dan WhatsApp terkesan murah hati memberikan fasilitas itu, Telegram pula menyahut dengan mencuit pesan serupa. Susunan kalimatnya pun mirip, hanya saja ia menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar dibanding WhatsApp. Cuitan ini diposting pada hari yang sama hanya selang sekitar 16 menit setelah WhatsApp. 

"Perlu mengirim pesan tetapi lampiran terlalu besar untuk penerima pesan lainnya? Coba gunakan Telegram sebagai gantinya, dimana kamu bisa mengirim file hingga 1,5 GB," bunyi cuitan Telegram di akun Twitter Telegram Messenger. 

Batas kapasitas transfer 1,5 GB dari Telegram, tentu saja jauh lebih besar dibanding WhatsApp yang hanya 100 MB. Meski orang pasti akan sangat mengandalkan WiFi untuk menerima file 1,5 GB.

Pada masa sekarang, kebutuhan pengiriman file berukuran besar terkadang tak dapat dihindari. Mengingat jenis file modern terus bertambah, misalnya foto beresolusi tinggi atau video 4K. 

Cuitan WhatsApp tersebut memperoleh like sebanyak 722 sedangkan Telegram lebih dari 1.100. Apakah dengan 'ejekan' ini WhatsApp akan meningkatkan batas kapasitas file-nya di masa mendatang? (ann)