Cacat WhatsApp, Ternyata 'Hapus untuk Semua' Masih Bisa Dibuka

WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fitur WhatsApp 'Delete for Everyone' atau 'Hapus untuk Semua' selama ini cukup membantu saat terjadi kesalahan pengiriman pesan. Pengguna yang tak sengaja salah kirim atau tak yakin dengan pesannya, dapat memanfaatkan fitur ini sehingga pesan tersebut tidak dibaca oleh kontak penerima personal maupun grup. 

Akan tetapi, konsultan keamanan aplikasi, Shitesh Sachan, menemukan celah kekurangan pada fitur WhatsApp tersebut. Seperti dikutip dari Mirror, Selasa, 17 September 2019, Sachan mengungkapkan 'Delete for Everyone' tidak menghapus file foto yang dikirim pengguna iPhone seperti halnya pada Android. 

Ini berarti bahwa pesan foto atau video pengirim akan disimpan ke iPhone penerima, bahkan meski pengirim sudah melihat keterangan ‘Pesan ini telah dihapus’ dalam obrolan WhatsApp.

Cacat ini berlaku jika penerima mengaktifkan pengaturan default WhatsApp, yang berarti bahwa foto dan video disimpan secara otomatis di kamera iPhone Anda.

Mirror mengaku menguji ini sendiri dengan mengirimkan foto melalui WhatsApp ke iPhone dengan pengaturan default yang diterapkan, sebelum menghapus foto dalam obrolan.

Seperti yang diperkirakan, foto itu masih muncul di Camera Roll iPhone, meskipun faktanya itu tidak dibuka di WhatsApp.

Sementara Sachan melaporkan masalah ini ke WhatsApp, perusahaan menolak untuk mengatasi masalah tersebut.

WhatsApp mengatakan: "Fungsi yang disediakan melalui 'Hapus untuk Semua Orang' dimaksudkan untuk menghapus pesan dan tidak ada jaminan bahwa media (atau pesan) akan dihapus secara permanen — implementasi berfokus pada keberadaan pesan di WhatsApp."

Berbicara kepada Mirror Online, juru bicara WhatsApp menambahkan: "Fitur ini berfungsi dengan baik, dan menggunakan fitur 'Delete for Everyone' pada waktunya akan mengakibatkan media dihapus dari utas obrolan WhatsApp.

"Kami menyediakan opsi sederhana untuk membantu pengguna iPhone mengelola media yang mereka terima dari teman dan keluarga, sesuai praktik terbaik yang dibuat oleh sistem operasi. Jika pengguna memilih untuk menyimpan gambar ke rol kamera mereka, mereka disimpan di luar jangkauan fitur WhatsApp 'Delete for Everyone'," kata WhatsApp. (ann)