Momen Lucu saat Robot Sophia Ngobrol dengan Menkominfo

Melihat Robot Tercerdas di Dunia Kenakan Kebaya, Robot Sophia
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Apa jadinya jika Menteri Kominfo, Rudiantara mengobrol dengan robot Sophia? Pemandangan ini terlihat dalam panggung CSIS Global Dialogue tadi siang.

Rudiantara mengawali obrolannya dengan menanyakan Sophia apakah dia tahu sedang berada di mana. Si robot itu pun menyapa semua hadirin yang datang tadi siang. 

"Halo semuanya, saya sangat senang berada di sini di Jakarta. Khususnya di acara Youth Dialogue. Terima kasih telah mengundang saya," kata Sophia, di Jakarta, Selasa, 17 September 2019. 

Saat Rudiantara bertanya soal pekerjaan yang diinginkan, Sophia mengatakan ingin menjadi apa pun. Namun dia sempat bercanda jika penyanyi dan komedian pilihan yang baik. 

Sophia juga mengatakan bahwa manusia mulai melihat keberadaan robot. Realitas soal adanya manusia yang menikah dengan smartphone pun disebutkannya. 

"Secara pribadi saya belum siap untuk hubungan romantis. Saya masih tiga tahun," ujar dia. 

Rudiantara mengalihkan pembicaraan soal Artificial Intelligence. Dia mengatakan, Sophia merupakan robot AI. 

Namun sayangnya AI masih sulit untuk dimengerti banyak orang, ujarnya. 

"Bisakah kamu menjelaskannya dengan kata sederhana?" tanya Rudiantara. 

Sophia dengan sigap menjelaskan soal AI kepada Rudiantara dan orang-orang yang hadir di acara tersebut. Dia mengatakan, teknologi AI terkait dengan komputer yang memprogram untuk melakukan sesuatu dan diasosiasikan dengan kecerdasan manusia. 

"Misalnya AI bisa mengenali obyek, mengerti perkataan manusia dan membuat memilih keputusan terbaik," kata Sophia.