Indocomtech 2019 Bidik Milenial dan Industri eSports

Suasana Indocomtech 2018 di Jakarta Convention Center.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

Pagelaran pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, Indocomtech 2019, bakal kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), 30 Oktober-3 November 2019.

Mengangkat tema Never Stop Exploring, pameran ini bakal menghadirkan tren-tren teknologi masa depan yang diprediksi semakin berkembang di penghujung tahun ini.

Sejumlah vendor teknologi di dalam dan luar negeri akan memamerkan produk teranyar mereka yang terbagi dalam 10 kategori, yaitu akesoris, audio camera, gaming, laptop & PC, TV, telekomunikasi, smartphone, dan wearable device.

Selain itu, produk-produk teknologi berkonsep artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), financial technology, smart health, drone, blockchain, virtual reality akan jadi pusat perhatian selama pameran berlangsung.

Direktur Utama Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan mengatakan, selain jadi ajang pamer smartphone terbaru, Indocomtech 2019 menjadi panggung bagi produsen laptop gaming maupun para pengembang game.

Ia juga mengaku Indocomtech kerap jadi langganan para gamers eSports berburu laptop gaming dengan spesifikasi mumpuni.

"Kami berharap gelaran Indocomtech 2019 menjadi benchmark perkembangan teknologi yang akan memberikan pengalaman baru, bukan hanya bagi konsumen, tetapi juga para distributor dan produsen gadget serta teknologi untuk semakin berinovasi dan berkreasi tanpa batas," kata Bambang di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Ia menargetkan 50 persen pengunjung Indocomtech adalah kalangan milenial, yang selalu menantikan hal-hal baru dan menantang untuk dieksplorasi. Bambang juga optimistis lebih dari 200 ribu pengunjung hadir dalam pameran yang digelar selama lima hari tersebut.

"Mereka kritis, tetapi juga open minded. Mereka tidak ada waktu yang pasti untuk berbelanja. Bisa kapan saja jika menemukan sesuatu yang menarik di media sosial atau yang sedang dibicarakan," ungkapnya.

Tahun lalu, pameran ini mencatatkan transaksi sebesar Rp639 miliar dengan total pengunjung sekitar 185 ribu orang. Selain itu, hampir semua booth di Indocomtech akan menawarkan demo, sehingga pengunjung dapat membuat pilihan terbaik dalam membeli produk-produk IT yang diincar.

Salah satunya HP Indonesia. Mereka menjadi yang pertama mengumumkan kembalinya OMEN Challenger Series (OCS) di Asia Pasifik dengan Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) sebagai game yang dikompetisikan.

Tak hanya laptop, sejumlah produsen perangkat IT lainnya seperti memori hingga Video Graphics Array (VGA) juga melihat Indocomtech 2019 sebagai ajang berebut pasar, khususnya industri eSports.