Ngaku Bujet Terbatas, Anak Jokowi Suka Gratisan untuk Promosi Startup

Gibran Rakabuming Raka (belakang, ketiga dari kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Gibran Rakabuming Raka dikenal sebagai pegiat startup. Dia mengelola beberapa lini bisnis startup makanan dan minuman. Beberapa startupnya adalah Martabak Markobar, Pasta Buntel, dan Goola.

Salah satu yang menjadi kunci dalam pengembangan startup adalah promosi guys. Untuk masalah promosi, putra Presiden Joko Widodo itu manfaatkan media sosial. Ternyata guys, anak Jokowi itu suka yang gratisan lho untuk urusan promosi startup.

"Kalau untuk pelaku UKM seperti saya yang bujet marketing-nya terbatas, media sosial sangat membantu. Sosial media kan gratis, tinggal kita pintar-pintarnya aja memanfaatkannya," katanya di Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Ia menyontohkan, bagaimana promosi startup Mangkok Ku yang dibangun bersama adiknya, Kaesang Pangarep dan Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal Chef Arnold. Budget. Tahu enggak, Gibran mengaku tidak ada biaya pemasaran untuk startup makanan tersebut. Untuk mempromosikan Mangkok Ku, ketiganya hanya mengandalkan promosi di media sosial. 

Gibran mengakui promosi media sosial sangat berpengaruh. Misalnya promosi di Instagram, peningkatan bisa terlihat melalui Insight. Melalui fitur yang ada di Instagram dan media sosial lainnya, pebisnis akan melihat peningkatan, impresi, dan engagement dari masyarakat. 

Promosi di Instagram cocok digunakan untuk pebisnis pemula, yang mana tidak perlu kehadiran toko fisik. Gibran mengungkapkan tidak memberi tip promosi secara khusus, namun menurutnya pebisnis perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform media sosial. 

Baca juga yuk: Data Penumpang Bocor, Lion Air Wajib Buka-bukaan dan Tanggung Jawab!

Suami dari Selvi Ananda ini memanfaatkan promosi di Instagram untuk semua bisnisnya, baik yang ada di kelompok food and beverage maupun non food and beverage

"Namanya pebisnis muda, baru mau mulai rasanya berat kalau harus ada bujet besar, kan susah ya. Akhirnya mereka mau coba-coba. Kalau di Instagram bisa dikit-dikit (modal). Mau mulai dari Rp100 ribu dulu, enggak masalah. Seperti yang tadi disampaikan Mas Gibran," kata CEO Kreavi, Anto Motulz.

Nah sudah menyimak ya guys, manfaatin saja tuh media sosial. Siap?