Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 21 September 2019 | 00:14 WIB

Ada Kursus Gratis Buat Perangi Serangan Siber, Tertarik?

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari
Diskusi Fortinet Indonesia.

VIVA – Jaringan teknologi operasi (Operational Technology atau OT) masih menjadi sesuatu yang baru. Hal ini diungkapkan oleh Country Manager Fortinet Indonesia, Edwin Lim.

OT diibaratkan ketika lampu merah satu kota mati dalam waktu berjam-jam. Ia menyebut bahwa itu bukan lagi serangan IT, namun sudah menyangkut OT.

Baca Juga

"Berada di critical infrastructure dan transportation. Sekarang sudah mulai. Jadi, bukan hanya keamanan jaringan IT tapi sudah ke keamanan OT," kata dia di Jakarta, Jumat, 20 September 2019.

Serangan-serangan ini semakin lama semakin berkembang. Hal ini pula yang membuat Fortinet membuka pelatihan untuk sumber daya manusia (SDM) di bidang keamanan siber.

Terpopuler

Edwin menuturkan, selain membuka untuk channel partner, mereka juga membuka untuk end-user atau pelanggan.

Fortinet sebelumnya sudah memiliki program pendidikan, di mana orang akan belajar secara mendalam mengenai keamanan. Pada program fast track, pembelajaran ini dibuka untuk semua orang dengan gratis.

"Jadi, fast track dalam bentuk workshop hanya bawa laptop semua resources kita delivered ke customer lewat cloud," kata Head of Security Consultant Fortinet Indonesia, Kurniawan Darmanto.

Ia mengatakan program pendidikan ini dibuka untuk semua pihak. Baik yang belum pernah memegang solusi Fortinet maupun sudah pengalaman.

"Karena, yang namanya perkembangan teknologi terus berjalan. Bisa dibilang saya expert di satu bidang kalau saya enggak asah bisa tertinggal," papar Kurniawan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Laura Basuki, Dion Wiyoko Ungkap Fakta Heroik Susi Susanti
SHOWBIZ - 7 jam lalu