Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 23 September 2019 | 08:56 WIB

Hati-hati, Ditemukan Lagi Aplikasi Kamera dan VPN Berbahaya

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Pixabay/MariusMB
Ilustrasi aplikasi di smartphone.

VIVA – Lagi-lagi ada seorang peneliti menemukan aplikasi berbahaya di Google Play Store, aplikasi itu adalah sejumlah aplikasi kamera dan VPN yang secara kolektif telah mengumpulkan beberapa ratus juta unduhan.

Dikutip dari laman BGR, Senin, 23 September 2019, raksasa teknologi Google sebenarnya sudah meningkatkan upaya pendeteksian, namun tampaknya mereka tidak dapat menghilangkan aplikasi yang masuk secara diam-diam.

Baca Juga

Kebanyakan aplikasi menghilang setelah mereka meraup banyak unduhan. Beberapa waktu lalu ditemukan 24 aplikasi dan sudah terhapus dari Googe Play Store, kali ini peneliti menyarankan pengguna untuk menghapus beberapa aplikasi yang mereka temukan.

Pertama adalah aplikasi kamera Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera. Keduanya diindentifikasi oleh peneliti di Wandera sebagai adware (perangkat lunak iklan). Mereka telah berhasil diunduh 1,5 juta unduhan sebelum raib di Play Store.

Terpopuler

Kemudian untuk golongan VPN ditemukan oleh peneliti yang berbasis di Selandia Baru, menemukan empat dan sudah diunduh lebih dari 500 juta kali. Aplikasi diklaim melakukan penipuan iklan.

Platform VPN itu adalah Hotspot VPN, Free VPN Master, Secure VPN dan Security Master by Cheetah Mobile. Dalam sebuah postingan blog, peneliti Andy Michael mengatakan, "Iklan muncul ketika aplikasi berjalan di latar belakang atau di luar saat pengguna menggunakan aplikasi," katanya.

Michael melanjutkan, aplikasi privasi yang mengganggu layar ponsel bersifat bahaya. Terlebih permintaan HTTP membuat CPU ponsel panas dan menguras baterai. Next Web mencatat aplikasi ini berasal dari China dan Hong Kong.

Pengembang aplikasi mungkin merasa warga di China dan Hong Kong jadi target yang menjanjikan, di mana mereka dibatasi penggunaan aplikasinya, dan butuh VPN untuk mengakses dunia luar.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bahaya Pakai Aplikasi VPN, Kenapa?
DIGITAL - 5 bulan lalu