Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 23 September 2019 | 11:36 WIB

Bukan Oposisi atau Pro Rezim, Siapa Motor Gerakan #GejayanMemanggil

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • Twitter/@alwanbrilian
Gerakan tagar #GejayanMemanggil

VIVA – Mahasiswa dan rakyat di sekitar Yogyakarta siap menggelar demonstrasi pada Senin 23 September 2019. Aksi massa yang bertajuk #GejayanMemanggil sudah heboh dan bergelora sejak akhir pekan lalu.

Gerakan tagar #GejayanMemanggil ini meneruskan tren tagar sebelumnya, #MahasiswaBergerak. Nah aksi Gejayan ini mendesak revisi UU KPK yang baru disahkan, bahas ulang pasal bermasalah di RKUHP, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, dan mendesak pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Tuntutan lainnya yaitu adili elite yang merusak lingkungan. 

Baca Juga

Data analisis percakapan media sosial dan media online Drone Emprit menunjukkan, tagar #GejayanMemanggil sudah menjadi tren percakapan dan terus meningkat volumenya. Meski sampai Senin pagi 23 September 2019 tren tagar #GejayanMemanggil masih kalah dengan volume percakapan #MahasiswaBergerak, namun pola percakapan dan tren yang dicatat, tagar ini berpotensi makin melambung naik beriringan dengan aksi massa yang berlangsung Senin siang 23 September 2019. 

Berikut beberapa data #GejanMemanggil yang dipantau oleh Drone Emprit: 

Terpopuler

Satu kluster

Analisis percakapan media sosial Drone Emprit menunjukkan, tagar #GejayanMemanggil ini menampilkan satu kluster. Menariknya kluster ini memunculkan banyak akun yang tak masuk dalam kluster pro dan kontra politik lho. 

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengatakan, melihat peta tersebut, #GejayanMemanggil menandakan gerakan ini dimotori oleh energi baru dalam peta media sosial di Indonesia. 

Bukan oposisi dan pro pemerintah

Analisis peta menunjukkan, #GejayanMemanggil merupakan kluster baru yang tidak terpisah dengan kluster oposisi maupun pro pemerintah. 

Dari peta Drone Emprit terlihat, tagar ini memisah dari isu RUKUHP, RUU KPK, KPK-Taliban dan tagar #MahasiswaBergerak. 

Akun-akun buku

Menariknya top influencer akun yang menggelorakan percakapan #GejayanMemanggil adalah akun-akun yang terkait dengan buku. Malahan Ismail menduga akun-akun tersebut merupakan salah satu penggerak gerakan ini. Beberapa top influencer yaitu @EA_Books, @mahasiswaYUJIEM, @JDAgraria, @BerdikariBook, @BukuMojok, @AgusMagelangan dan lainnya. 

Baca juga yuk: Iran Dijaga Tavakaran yang Bikin Ngeri israel, AS Berhati-hatilah

Menasional

Gerakan #GejayanMemanggil aksinya ada di Yogyakarta, namun percakapan gerakan ini menyebar secara nasional. Peta Drone Emprit menunjukkan, gerakan ini diperbincangkan dari Aceh sampai Papua. Keren!

Sedangkan dari sisi motor gerakan #GejayanMemanggil, Ismail Fahmi menuliskan data Drone Emprit menunjukkan yaitu Yogyakarta, Jakarta, Sleman, Surabaya dan Bandung.

Nah, kalau sudah begini semoga aksi #GejayanMemanggil berjalan lancar dan damai, dan yang terpenting pemerintah dan elite politik mesti menerima aspirasi gerakan ini ya. Yuk moga Indonesia menjadi lebih baik ya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kebakaran Hutan di Gunung Ranti, Empat Pendaki Terjebak
TVONE NEWS - 6 jam lalu