Huawei Mate 30 Segera Hadir di Indonesia, Pakai Android atau Nggak ya?

Huawei Mate 30
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Vendor smartphone Huawei pekan lalu baru saja mengumumkan kehadiran seri Huawei Mate 30 secara global. Peluncuran smartphone itu menarik banyak perhatian karena perusahaan yang berbasis di China ini tidak menyertakan Android pada Huawei Mate 30.

Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia, Lo Khing Seng mensinyalkan kehadiran Huawei Mate 30 series pada kuartal empat 2019 di Tanah Air. Publik bertanya apakah nantinya Huawei Mate 30 di Indonesia juga hadir tanpa Android?.

"Kondisi perang dagang jadi hal yang tidak menentu bagi Huawei. Bisa saja Oktober ada pertemuan antara dua negara dan kesepakatannya bisa berubah," ujarnya di Jakarta, Rabu 25 September 2019.

Posisi Huawei menjadi tidak wajar dalam perang dagang kedua negara. Huawei dalam posisi bisnis tapi dilibatkan dalam masalah politik.

Baca juga kuy: Video Viral Anak STM IKut Demo: Maaf Bang Baru Selesai Ujian

Saat ini, Lo menegaskan Huawei masih bersama Android, karena dari Google tidak berkeinginan memblokir Huawei. Sedangkan kondisi saat masuk dalam daftar hitam pemerintah Amerika Serikat adalah keinginan pemerintah Negeri Paman Sam.

"Produk yang kami rilis semua masih berbasis Android dan Google Service. Tapi untuk ke depannya masih tergantung, saya belum tahu. Tapi Huawei sudah menyiapkan antisipasi dengan Huawei Mobile Service," jelasnya.

Sedangkan untuk perangkat anyar yang baru mereka rilis hari ini, Huawei Nova 5T masih sepenuhnya menggunakan sistem operasi buatan Google itu. Malahan nanti pengguna bisa membarui ke Android 10.