Jejak Digital Video Ambulans DKI Jakarta, Ada Buzzer di Balik Batu

Tangkapan layar akun Instagram @tmcpoldametro
Sumber :
  • Instagram @tmcpoldametro

VIVA – Warganet gemas dengan cuitan video akun media sosial TMC Polda Metro Jaya yang menuding ambulans milik Pemprov DKI Jakarta memasok batu dan bom molotov untuk pengunjuk rasa di Jakarta. 

Saking gemasnya, warganet bergerak ala tim forensik, memburu jejak digital dari video yang telah dihapus dari akun Twitter @TMCPoldaMetro. 

Dalam buruan jejak digital, warganet menemukan ada runtutan postingan ambulans yang dituduh memasok batu bagi demonstran. 

Sebelum heboh dengan cuitan akun @TMCPoldaMetro, temuan jejak digital menunjukkan ada beberapa akun buzzer politik yang lebih dahulu menyebarkan video tersebut disertai dengan narasi ambulans DKI Jakarta memasok batu untuk demonstran. Akun yang mengaku sebagai relawan kemanusiaan, @DukeCondet mengunggah urutan cuitan video tudingan tersebut. 

Kalau diurutkan waktu mencuit video tersebut, pertama adalah akun @OneMurtadha pada pukul 11.53, selanjutnya akin @P3nj3l4j4h pukul 12,39, akun @Dennysiregar7 pukul 01.24 dan @TMCPoldaMetro pukul 02.16. 

Berikut urutannya: 

Video yang diposting akun @TMCPoldaMetro sudah dihapus namun bisa kamu lihat lagi di akun Instagram @tmcpoldametro berikut ini: 

Nah benar atau tidaknya rangkaian cuitan tersebut, mari kita tunggu pengusutan dan investigasinya.