Mengerikan atau Menakjubkan? Detik-detik Video Tarantula Ganti Kulit

Tarantula berganti kulit.
Sumber :
  • Instagram Indozone.id

VIVA – Tarantula merupakan salah satu jenis laba-laba yang berambut dan memiliki ukuran yang sangat besar. Bentuknya juga dianggap sangat menyeramkan bagi banyak orang. Sekilas melihat hewan satu ini sedang merayap saja sudah bergidik ngeri, apalagi jika melihatnya berganti kulit?

Ya, sebuah video viral karena berhasil menangkap pemandangan menakjubkan sekaligus mengerikan, yaitu tarantula sedang berganti kulit. Tentu saja, momen langka ini tidak dilewatkan begitu saja. Video tersebut diambil, dibagikan di Twitter kemudian viral.

Adalah akun @ZonePhysics, yang pertama kali mengunggahnya di Twitter. Dalam unggahan videonya, akun tersebut menampilkan video tarantula dengan menyematkan caption, "Mengerikan atau Menakjubkan?"

Video berdurasi 22 detik tersebut memperlihatkan detik-detik tarantula ketika sedang berganti kulit perlahan demi perlahan. Memang, terlihat mengerikan sekaligus menakjubkan. Buat kamu yang geli dengan hewan satu ini, lebih baik tidak usah menontonnya ya.

Sebenarnya, proses tersebut secara ilmiah disebut sebagai molting. Istilah berganti kulit, tidak sepenuhnya benar, karena tarantula itu sedang mengganti kerangka luarnya yang disebut exoskeleton. Namun proses tersebut sangat mirip ketika ular mengalami pergantian kulit.

Baca juga yuk: Kisah Cinta Peirre Tendean, Ajudan Ganteng Jenderal Nasution Korban G30S 

Molting sangat diperlukan oleh hewan seperti tarantula untuk mendukung proses pertumbuhan dan sebagai cara agar tarantula dapat bertahan hidup. Proses ini akan segera terjadi ketika exoskeleton berubah warna menjadi lebih gelap.

Video yang diunggah pada 17 September 2019 tersebut, hingga kini sudah mendapat lebih dari 11 ribu likes dan di-retweet hingga lebih dari 3 ribu kali.