10 Juta Visitor Dunia Games, Telkomsel Ramaikan Kembali Game RPG

Lord of Estera
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Games telah menjadi bagian dari industri kreatif di Indonesia. Tidak heran jika Badan Ekonomi Kreatif cukup menaruh perhatian besar pada industri ini. Bayangkan saja market size industri gaming mencapai US$1 miliar dengan kontribusi Indonesia masih 0,016 persen.

Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari mengungkap jika ke depannya, pada 2025 kontribusi Indonesia terhadap dunia gaming mencapai 0,1 persen dari total market size global sebesar US$234 miliar. Salah satu yang akan diandalkan untuk menjadi pendukungnya adalah Undang Undang Ekonomi Kreatif.

“Kami membuat UU ini untuk kepentingan industri game, memikirkan nasih developer pembuat game di Indonesia. Termasuk kaitannya dengan dukungan modal asing,” ujar Hari, di Jakarta, kemarin.

Perkembangan industri game juga akan semakin meningkat dan menjanjikan, terbukti dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Yang terbaru, Telkomsel mendukung Dunia Games lewat peluncuran role playing game (RPG) terbaru bernama Lord of Estera.

Dukungan ini bukan hanya karena pasar game di Indonesia yang berpotensi meningkat tapi juga karena di Telkomsel, platform Dunia Games dikunjungi lebih dari 10 juta orang setiap bulannya. Ditambah dengan semakin berkembangnya metode pembayaran direct billing Dunia Games.

“Metode pembayaran direct carrier billing (DCB) Dunia Games telah menghubungkan lebih dari 100 pengembang dan penerbit game. Dunia Games menjadi perwujudan Telkomsel untuk terus bergerak maju dalam mengakselerasikan negeri melalui pengembangan industri games di Tanah Air agar mampu bersaing ke level yang lebih tinggi hingga ke mancanegara,” ujar Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh.

Dikatakan Rachel, Lord of Estera merupakan game kedua dari Dunia Games setelah meluncurkan ShellFire pada 2018 yang kini sudah membukukan sekitar 4,3 juta download. Tidak hanya menjadi pengembang game berkualitas, Dunia Games juga menyediakan ekosistem gaming, meliputi media dan distribusi, metode pembayaran, hingga e-sport. 

“Lord of Estera sudah dapat diunduh melalui Google Play Store untuk perangkat berbasis Android dan App Store bagi perangkat yang menjalankan iOS. Game tersebut tidak memerlukan perangkat dengan spesifikasi tinggi karena dapat dimainkan di perangkat yang menggunakan sistem operasi Android dengan versi minimal 6.0 atau iOS dengan versi minimal 8.0,” katanya.

Sebagai game dengan genre RPG dengan format Real-Time Battle Card Strategy, Lord of Estera menantang pemainnya untuk mempertahankan Lord selaku raja yang harus dijaga dari serangan musuh. Untuk melakukannya, pemain dapat mengumpulkan jenis-jenis Hero dengan berbagai tipe rarity, meliputi Elite, Rare, Epic, dan Legendary. Terdapat 60 karakter Hero yang dibagi ke dalam lima ras dengan peran strategis berbeda, yakni Human, Undead, Orc, Pirate, dan God. Selain itu, Lord of Estera menyediakan tiga tipe PVP berbeda, yaitu 1 vs 1 Same Server Battle, 1 vs 1 Cross Server Battle, dan 1 vs 1 Rank Match di semua server.