Fitur Hapus Pesan Otomatis Tersedia di WhatsApp, tapi Mengkhawatirkan

Kantor pusat WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@sabinarehan

VIVA – Bocoran fitur anyar dari WhatsApp muncul lagi. Platform pesan instan itu ketahuan sedang mengembangkan fitur yang mampu melenyapkan atau menghapus pesan secara otomatis dalam periode waktu yang telah ditentukan. Konsep ini pertama kali dibuat oleh Snapchat, kemudian diikuti oleh Facebook yang diterapkan pada platform Instagram.

Dikutip dari situs Metro, Selasa 2 Oktober 2019, sebelumnya fitur pesan hilang otomatis ini sempat mengkhawatirkan orang dewasa karena khawatir digunakan anak muda untuk mengirim gambar atau pesan pornografi.

Situs yang membocorkan fitur pesan hilang otomatis dari WhatsApp itu diungkap oleh akun pembocor WABetaInfo. Akun itu mengklaim fitur tersebut sedang dalam proses dan telah dimasukkan ke versi beta WhatsApp. Fitur ini membuat pengguna bisa memilih, apakah pesan akan menghilang setelah lima detik atau satu menit.

Dalam tangkapan layar yang dipamerkan WaBetaInfo, fitur yang dimaksud yaitu disappearing messages dan akan berfungsi dalam obrolan grup serta percakapan pribadi. Saat ini, fitur pesan hapus otomatis itu aslinya sudah resmi hadir, tapi kemungkinan ada opsi baru dalam pengaturan grup untuk diaktifkan dan dimatikan.

Dalam situs WABetaInfo, fitur ini akan hadir di WhatsApp beta Android 2.19.275. Perusahaan masih dalam proses pembuatan fitur, memastikan pengguna tidak mengalami bug saat dirilis resmi ke pengguna.

Untuk pengguna yang baru-baru ini membarui aplikasi WhatsApp, jangan khawatir jika belum menemukan fitur ini, karena Facebook masih mengembangkannya di WhatsApp. WABetaInfo juga belum bisa memastikan kapan fitur ini resmi tersedia atau belum pada platform.

"WhatsApp akhirnya bekerja pada fitur baru, yang akan tersedia di pembaruan berikutnya. Hari ini kami dengan bangga mempersembahkan fitur disappearing messages," tulis mereka dalam situs mereka.